Gedung roboh di Jalan Brigjen Katamso, Jakarta Barat. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Gedung roboh di Jalan Brigjen Katamso, Jakarta Barat. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Polisi Lirik Unsur Pidana Gedung Roboh di Palmerah

Nasional gedung roboh
Candra Yuri Nuralam • 09 Januari 2020 13:19
Jakarta: Polisi memastikan insiden gedung roboh di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat, bisa masuk ranah pidana. Saat ini, polisi sedang menggarap alat bukti.
 
"Nanti kita lihat (unsur pidananya) karena ada korban di sini," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Menurut dia, polisi tengah aktif mendalami fakta dan temuan di lapangan. Salah satunya yang disorot soal perawatan gedung oleh pemilik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memang tidak ada sama sekali perawatan. Belum ada perawatan. Apakah ketentuan nanti bagaimana. Coba cek nanti," ujar Yusri.
 
Pengumpulan data digarap Pusat Laboratorium Forensik Polri. Yusri mengatakan pihaknya akan membeberkan hasilnya kepada publik jika hasil penyelidikan sudah rampung.
 
Gedung berlantai empat di Jalan Brigjen Katamso roboh, Senin, 6 Januari 2020. Tiga orang terluka dalam insiden ini.
 
Tim Laboratorium Forensik Polri menduga gedung itu roboh akibat korosi pada baja bangunan. Proses kimia itu terjadi karena ada air rembesan ke dalam gedung berusia 25 tahun itu.
 
"Baja karbon rendah itu gampang alami korosi. Ditambah dengan curah hujan, yang mungkin air itu, (karena) strukturnya tidak baik dalam hal airnya sehingga ada air yang terjebak. Itu menambah beban dari struktur," kata Kepala Bidang Balistik dan Metalurgi Forensik Pusat Laboratorium Forensik Polri Kombes Pol Ulung Kanjaya di Jakarta, Selasa, 7 Januari 2020.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif