NEWSTICKER
Gedung di Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, ambruk pada Senin, 6 Januari 2020). Foto: Antara/Devi Nindy
Gedung di Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, ambruk pada Senin, 6 Januari 2020). Foto: Antara/Devi Nindy

Gedung di Palmerah Diduga Roboh Karena Korosi

Nasional gedung roboh
Candra Yuri Nuralam • 07 Januari 2020 16:35
Jakarta: Tim Laboratorium Forensik Polri menduga gedung di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat, roboh akibat korosi pada baja. Korosi terjadi karena adanya air rembes ke dalam gedung.
 
"Dari hasil pengamatan dan analisa awal yang bisa kita simpulkan itu akibat adanya korosi air ke dalam struktur beton, sehingga sambungan-sambungan tiang itu mengalami pelapukan akibat proses korosi," kata Kepala Bidang Balistik dan Metalurgi Forensik Pusat Laboratorium Forensik Polri Kombes Pol Ulung Kanjaya di Jakarta, Selasa 7 Januari 2020.
 
Ulung mengatakan bangunan itu sudah mengalami korosi lebih dari tiga tahun. Hal itu terlihat dari sebagian materiel baja yang ada di bangunan gedung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada barang bukti yang kita temukan banyak sudah alami proses korosi yang sudah hampir separuh kemakan diameternya," ujar Ulung.
 
Ulung menduga ada air yang masuk ke struktur beton sehingga menyebabkan korosi. Gedung tersebut juga didapati menggunakan baja dengan karbon rendah.
 
"Baja karbon rendah itu gampang alami korosi. Ditambah dengan curah hujan, yang mungkin air itu, (karena) strukturnya tidak baik dalam hal airnya sehingga ada air yang terjebak. Itu menambah beban dari struktur," tutur Ulung.
 
Gedung berlantai empat di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Barat roboh, Senin pagi, 6 Januari 2020. Tiga orang terluka.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif