Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang. Foto: ANT HO Pertamina
Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang. Foto: ANT HO Pertamina

Detik-detik di Balik Jatuhnya Lion Air PK-LQP

Nasional Lion Air Jatuh
Candra Yuri Nuralam • 25 Oktober 2019 17:44
Jakarta: Pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT-610rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh karena gangguan sistemkontrol pesawatterbang(AOA), saat itupilot dan kopilot sibuk membaca buku prosedur untuk mengatasi masalah itu. Keduanya terlambat mengendalikan pesawat yang sudah terlanjur miring.
 
"Dua-duanya sibuk membaca prosedur yang tebal itu. Jadi mereka sibuk masing-masing," kata Kepala Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Nur Cahyo dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Cahyo menyebutkerusakan AOA Sistem dalam pesawat Lion Air PK-LQP sudah terjadi dari penerbangan Denpasar menuju Jakarta. Namun, pilot dan kopilot berhasil menyelamatkan pesawat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kerusakan AOA ini juga diketahui awak pesawat saat penerbangan Denpasar menuju Jakarta. Cahyo menyebut awak melihat kondisi pesawat bergerak tanpa diarahkan oleh pilot maupun kopilot. Namun, lagi-lagi pilot dan kopilot berhasil mengatasi permasalahan tersebut sampai mendarat di Jakarta.
 
"Sampai akhirnya dia melihat kopilotnya tidak menggerakkan trim, tapi trimnya kok bergerak sendiri, sampai akhirnya mereka memberikan tindakan lalu selamat," ujar Cahyo.
 
Cahyo mengatakan penerbangan ini berhasil selamat karena pilot dan kopilot bekerja sama mengatasi permasalahan secara bersama. Keduanya mengatasi permasalahan satu persatu dengan tidak panik.
 
Pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT610 rute Jakarta-Pangkal Pinang hilang kontak tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pukul 06.20 WIB Senin, 29 Oktober 2019. Badan SAR Nasional (Basarnas) menemukan berbagai benda dari pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang itu di perairan Karawang.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif