"Mengingat bahwa nanti populasi di IKN lumayan bisa sampai 2 juta sehingga dari bandara Balikpapan menuju IKN itu bukan redudansi (pengulangan transportasi). Tapi melengkapi yang sudah ada yakni jalan tol," ujar Menhub di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat, 24 Maret 2023.
Guna menghindari penumpukan prasarana, Menhub menjelaskan rencana pembangunan jalur kereta api tersebut tidak langsung dari bandara menuju IKN. Melainkan, melewati Kota Balikpapan, kemudian ke luar Balikpapan dan sejajar dengan tol.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Adapun jenis kereta api yang dirancang menggunakan roda karet seperti di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan kapasitas penumpang 50 orang.
"Jadi enggak mesti 150 orang. Harapannya akan menghasilkan jumlah headway (selang waktu antarkereta) yang rapat, yang kedua fleksibilitas kita berinvestasi. Jadi kita buat jalannya dulu," paparnya.
Baca: Cegah Radikalisme, TNI Tambah Babinsa Hingga Kodim di Sekitar IKN |
Sejumlah investor, terang Budi, cukup tertarik dengan IKN. Antara lain Jepang, India dan Korea. Namun, proses investasi disebut masih membutuhkan waktu.
"Karena mereka membutuhkan suatu assessment tentang bagaimana bantuan itu efektif. Saya juga sudah melapor ke presiden bahwa bandara VIP di IKN akan kita bangun," tuturnya.
Budi menuturkan penentuan kontraktor yang sesuai untuk bandara akan dilakukan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ia menjanjikan rencana itu bisa efektif terealisasi pada Mei atau Juni 2023.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.