Ilustrasi Pancasila/Istimewa
Ilustrasi Pancasila/Istimewa

Muruah Pancasila Disebut Konsisten Melindungi Kebebasan Beragama

M Sholahadhin Azhar • 29 Juni 2022 23:31
Jakarta: Pancasila sebagai ideologi Indonesia disebut sudah cukup ideal diterapkan. Muruah Pancasila konsisten melindungi kebebasan beragama di Indonesia.
 
"Indonesia sudah memiliki wadah yang cukup baik dalam praktik kebebasan beragama dalam wadah Pancasila," ujar Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Asep Jahar dalam diskusi daring, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Menurut dia, Pancasila sebagai ideologi sudah final dan sesuai dengan kondisi Indonesia. Ideologi tersebut memfasilitasi kebebasan beragama yang diakui.
 
"Harus memberikan keadilan, sebagaimana amanah dari prinsip-prinsip ajaran Islam," kata Asep. 
 

Baca: Tindak Tegas Penyebar Radikalisme


Guru Besar Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Masykuri Abdillah menyebut Pancasila memberikan kemudahan untuk beragama di Tanah Air. Agama Kristen tetap dihargai dan dijunjung sebagai kepercayaan yang diakui. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia membandingkan jaminan kebebasan beragama di Indonesia dengan negara lain seperti Amerika. "Lebih mudah membangun tempat ibadah gereja di Indonesia ketimbang membangun masjid di Amerika," ujar Masykuri.
 
Menurut Masykuri, saat ini banyak berseliweran isu-isu miring soal kebebasan beragama di Indonesia. Pihak asing kerap memojokkan Indonesia sebagai negara yang antikebebasan beragama.
 
Faktanya, kata dia, toleransi dijunjung tinggi dan aktivitas keagamaan dihargai. "Jadi hal itu tidak benar," bantah dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif