Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan peserta Konferensi Industri Jasa Pengamanan Nasional Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta. (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan peserta Konferensi Industri Jasa Pengamanan Nasional Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta. (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)

Satpam Masuk Istana Penghargaan yang Luar Biasa

Nasional presiden jokowi
13 Desember 2018 17:06
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengundang personel satuan pengamanan ke istana negara pada Rabu, 12 Desember 2018. Peristiwa ini menjadi yang pertama kali dalam sejarah industri jasa pengamanan.

Kepala Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Budi Rianto mengaku terharu dengan perlakuan Jokowi. Ia menyebut undangan Presiden dalam rangka Konferensi Industri Jasa Pengamanan itu merupakan bentuk penghargaan bagi profesi satpam.

"Selama 38 tahun satpam berdiri akhirnya masuk istana. Ini sebuah penghargaan luar biasa dari presiden kepada satpam," ujarnya, melalui sambungan telepon dalam Newsline Metro TV, Kamis, 13 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Tak hanya mengabarkan akan adanya penyelenggaraan Konferensi Industri Jasa Pengamanan yang pertama, Budi mengaku pada kesempatan tersebut personel satpam juga mengungkapkan keluh kesahnya pada Presiden. Selain biaya sertifikasi profesi yang mahal, masalah kesejahteraan juga ikut disampaikan. "Mohon maaf lahir batin, dari sisi kesejahteraan kami masih disamakan dengan cleaning service," ungkapnya.

Kendati tak bermaksud merendahkan profesi layanan kebersihan, Budi menyebut tugas satpam sebagai pengemban amanat kepolisian dan menjadi garda terdepan dalam pengamanan, tak sebanding dengan penghargaan yang didapatkan. Padahal prinsipnya semua profesi harus dimuliakan.

"Ini juga menjadi topik yang akan dibahas dalam konferensi. Presiden pun menyambut gembira dan satpam harus berada di garis terdepan serta dimuliakan," pungkasnya.




(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi