Sekretaris Daerah Saefullah - Medcom.id/Ilham Wibowo.
Sekretaris Daerah Saefullah - Medcom.id/Ilham Wibowo.

Nasib Pencari Suaka di DKI Final Hari Ini

Nasional pencari suaka
Theofilus Ifan Sucipto • 11 Juli 2019 12:56
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal membahas nasib pencari suaka yang menduduki trotoar di Jalan Kebon Sirih siang ini.Rencananya mereka akan dicarikan tempat baru.
 
"Mungkin nanti siang ada keputusannya," kata Sekretaris Daerah Saefullah di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Saefullah mengungkapkan Pemprov DKI sedang berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Badan Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR). Siang ini, kata dia, mereka bakal membahas tempat tinggal pencari suaka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu hal yang pasti, lanjut Saefullah, Pemprov DKI akan mengedepankan sisi kemanusiaan. Kendati begitu, mereka tetap akan memikirkan ketertiban umum.
 
(Baca juga:Pencari Suaka Tak Jadi Direlokasi ke Islamic Centre)
 
Dia menyebut pencari suaka kemungkinan tidak jadi ditempatkan di Jakarta Islamic Centre (JIC). Pembahasan masih akan dilakukan. "Sepertinya tidak di sana. Nanti keputusannya siang ini," tandas Saefullah.
 
Sekitar 260 pencari suaka menduduki trotoar sepanjang Jalan Kebon Sirih. Mereka mendirikan tenda hingga membuat jemuran di atas trotoar.
 
Sudah dua pekan mereka tinggal di jalan. Para pencari suaka itu berasal dari berbagai negara, antara lain Afghanistan, Sudan, Somalia, dan Australia.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif