Para pencari suaka yang menempati trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. MI/Pius Erlangga.
Para pencari suaka yang menempati trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. MI/Pius Erlangga.

Pencari Suaka Tak Jadi Direlokasi ke Islamic Centre

Nasional pencari suaka
Nur Azizah • 10 Juli 2019 18:37
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta urung merelokasi pencari suaka di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ke Islamic Centre (JIC), Jakarta Utara. Pemprov DKI akan memindahkan para pencari suaka ke wilayah Kalideres, Jakarta Barat.
 
"Kita coba pindahan ke tempat yang tidak jauh dari kantor pusat UNHCR di Kalideres. Dulu mereka difasilitasi di situ," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Para pencari suaka sedianya bakal ditempatkan di Jakarta Islamic Centre, Jakarta Utara. Tapi, pemindahan urung dilakukan karena belum ada koordinasi antara UNHCR dan Kementerian Luar Negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belum (pasti di JIC). Nanti dibahas dulu sama Kemenlu dan UNHCR," ujarnya.
 
Baca: DKI Tak Mau Ceroboh Menangani Pencari Suaka
 
Saefullah mengatakan pemindahan pencari suaka tak boleh dilakukan sembarangan. Pemindahan harus berdasarkan surat permintaan bantuan dari UNHCR ke Pemprov DKI.
 
Saefullah berharap masalah pencari suaka segera beres. Ia tak mau warga negara asing itu menempati trotoar terlalu lama.
 
"Mereka kan sudah menempati fasilitas umum, apalagi trotoar di Kebon Sirih sangat ramai. Jangan sampai mereka mendirikan tenda-tenda di situ, akan menjadi sangat semrawut nantinya," pungkas Saefullah.
 
Sekitar 260 pencari suaka menduduki trotoar sepanjang Jalan Kebon Sirih. Mereka mendirikan tenda hingga membuat jemuran di atas trotoar.
 
Sudah dua pekan mereka tinggal di jalan. Para pencari suaka itu berasal dari berbagai negara, salah satunya Afghanistan, Sudan, Somalia, dan Australia.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif