Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (MI/Rommy Pujianto)
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (MI/Rommy Pujianto)

Sutopo Akan Dimakamkan di Boyolali

Nasional obituari
Antara • 07 Juli 2019 10:28
Jakarta: Jenazah Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho akan dipulangkan dari Guangzhou, China, pada Minggu, 7 Juli 2019, sore. Selanjutnya, akan dimakamkan tanah kelahiranya, di Boyolali, Jawa Tengah.
 
"Jenazah Sutopo akan dibawa dari China menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia, selanjutnya akan dibawa ke Boyolali," kata Kepala Bidang Humas BNPB Rita Rosita S, melansir Antara, Minggu, 7 Juli 2019.
 
Konsulat Jenderal RI di Guangzhou, China, Gustanto, mengatakan sedang mengupayakan pemulangan jenazah Sutopo hari ini. Sampai saat ini, seluruh jajaran KJRI Guangzhou masih berada di St Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, untuk mengatur kepulangan jenazah ke Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KJRI Guangzhou telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait di China, seperti pimpinan rumah sakit, Bea Cukai, dan pimpinan kantor perwakilan Garuda Indonesia untuk memastikan agar jenazah dapat dipulangkan ke tanah air secepatnya.
 
"Koordinasi, pemenuhan administrasi dan dokumentasi dengan semua pihak sudah kami lakukan. Kami berupaya agar bisa secepatnya jenazah almarhum dipulangkan," kata Konjen.
 
Baca:Sutopo Teladan dalam Totalitas Bekerja
 
Sementara itu, maskapai Garuda Indonesia telah menyiapkan armada untuk memulangkan jenazah Sutopo dari Guangzhou ke Indonesia, pada Minggu sore. General Manager Garuda Indonesia wilayah Guangzhou Suzana Argentine W menerangkan, pemulangan akan dilakukan bila semua pesyaratan telah rampung dilakukan.
 
"Kalau normalnya bisa tiga hari pengurusan pemulangan jenazah. Tapi ini Pak Konjen (Konsul Jenderal RI di Guangzhou Gustanto) terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar jenazah bisa dipulangkan hari ini," kata Suzana.
 
Pesawat akan bertolak dari Bandar Udara Internasional Baiyun di Guangzhou, pukul 15.45 waktu setempat. Kemudian langsung menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.
 
Sutopo berada di Guangzhou sejak 14 Juni 2019 untuk menjalani perawatan terkait penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. Sutopo meninggal pada Minggu, 7 Juli 2019, pukul 02.20 waktu Guangzhou, saat menjalani perawatan untuk mengobati penyakit kanker di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital.
 
Ia berpulang meninggalkan istri, Retno Utami Yulianingsih, serta dua anak, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif