Suasana upacara HUT ke-73 RI di Kapal Perang Yos Sudarso. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Suasana upacara HUT ke-73 RI di Kapal Perang Yos Sudarso. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.

73 Tahun Merdeka, Kejayaan Bahari Harus Direbut Kembali

Nasional HUT ke-73 RI Merdeka di Perbatasan
Nur Azizah • 17 Agustus 2018 15:55
Batam: Kejayaan bahari Indonesia mengalami pasang surut. Di masa Sriwijaya dan Majapahit, Bahari Indonesia berada di masa emas. Saat penjajah datang, paradigma Indonesia sebagai Negara Maritim mulai memudar. Kini, Indonesia tengah meraih kembali kejayaan tersebut untuk menjadi Poros Maritim Dunia.
 
Namun, untuk mewujudkannya tak mudah. TNI Angkatan Laut harus memperkuat Matra Laut.
 
Kepala Staf Angkatan Laut, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Siwi Sukma Adji mengatakan, setidaknya ada empat program yang menjadi prioritas untuk memperkuat kemaritiman Indonesia. Pertama, mendukung kesiapan Matra Laut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kedua, program moderenisasi Alusista dan non-Alusista serta pengembangan fasilitas dan sarana prasarana pertahanan Matra laut," kata Siwi kepada Medcom.id di Selat Singapura, Batam, Jumat 18 Agustus 2018.
 
Baca: Merdeka di Perbatasan
 
Program ketiga adalah meningkatkan profesionalisme personel Matra laut. Keempat, program penyelenggaraan manajemen dan operasi Matra laut. "Program itu masuk dalam kebijakan Minimum Essentials Force (MEF)," ungkapnya.
 
Cara merebut kejayaan bahari Indonesia pun tak selesai sampai di sana. TNI AL harus mampu membina dan memberdayakan potensi Maritim untuk kepentingan pertahanan negara. Ia mengatakan, program penguatan sektor kemaritiman melalui visi maritim dunia menjadi momentum bangkitnya semangat untuk mencintai dan mengelola sumber daya laut.
 
"Dengan begitu, Indonesia dapat meraih kembali kejayaan bahari. Semangat ini perlu ditumbuhkan, dijaga, dan ditingkatkan demi tercapainya cita-cita kejayaan maritim Indonesia," pungkasnya.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif