Lokasi GeNose C19 di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakut. Medcom.id/Yurike Budiman.
Lokasi GeNose C19 di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakut. Medcom.id/Yurike Budiman.

GeNose C19 Mulai Digunakan di Pelabuhan Tanjung Priok

Yurike Budiman • 26 Februari 2021 16:55
Jakarta: Alat pendeteksi covid-19 karya anak bangsa, GeNose C19, mulai digunakan di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok menyambut baik penggunaan GeNose di pelabuhan.
 
"Kami mendukung Kementerian Perhubungan untuk penggunaan GeNose bagi penumpang kapal, khususnya transportasi laut," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Kapten Wisnu Handoko, di kantornya, Jumat, 26 Februari 2021.
 
Wisnu mengatakan penggunaan GeNose mengacu pada Surat Edaran Gubernur, Gugus Tugas, serta Dirjen Perhubungan Darat. Satgas Covid-19 juga sudah mengizinkan penggunaan GeNose untuk perjalanan kereta api.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Prinsipnya sama ya, ini berlaku 3x24 jam seperti halnya PCR (polymerase chain reaction) dan rapid test antigen," kata Wisnu.
 
Baca: Terminal dan Dermaga di Kubu Raya Pakai GeNose C19
 
Pihak pelabuhan akan menyiapkan kantong udara untuk pemeriksaan dengan metode GeNose. Jumlah kantong udara disesuaikan dengan penumpang per harinya. Wisnu mengatakan ada 311 kantong yang akan digunakan untuk penumpang kapal pada hari ini.
 
Pantauan Medcom.id, ada sejumlah spanduk dan monitor televisi yang berikan langkah-langkah tes GeNose di Terminal Penumpang Nusantara. Penumpang yang akan melakukan pemeriksaan cukup membayar Rp20 ribu.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif