NEWSTICKER
Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

PMI Perketat Syarat Donor Darah

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 24 Maret 2020 11:55
Jakarta: Palang Merah Indonesia (PMI) memperketat syarat donor darah. Hal ini berkaitan dengan munculnya pandemi virus korona (covid-19).
 
"Kami menganggap bahwa yang datang dalam keadaan sehat. Kami cek suhu tubuhnya, tak boleh lebih dari 37,5 derajat," kata Humas Unit Donor Darah PMI Pusat Lilis Widjaya saat dihubungi, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Selain itu, PMI mewawancara calon donor darah secara rinci. Mereka ditanyakan apakah pernah ke luar negeri dalam waktu dekat, pernah kontak dengan pasien positif covid-19, hingga mengisi formulir surveilans terkait keadaan lingkungan sekeliling.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena yang kami tolong orang sakit, jadi kalau kualitas yang tidak sehat, kasihan juga yang terima darah," ucap dia.
 
Sementara itu, syarat donor umumnya yakni berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg,
dan temperatur tubuh 36,6–37,5 derajat Celsius. Donor juga harus punya tekanan darah baik, denyut nadi teratur, dan hemoglobin normal.
 
PMI Perketat Syarat Donor Darah
Grafis Medcom.id
 
Baca: Jokowi Beberkan Alasan Enggan Terapkan Lockdown
 
Dengan wawancara itu, PMI mengaku membantu donor yang ternyata memiliki gejala untuk diarahkan ke rumah sakit rujukan. Jika memang memiliki gejala, PMI akan meminta penundaan pengambilan darah. Donor diminta menunggu 14 hari untuk memastikan dirinya memang sehat.
 
"Jadi kita turut membantu Dinas Kesehatan setempat untuk mendata orang yang pernah kontak dengan positif, ke luar negeri, atau ada keluhan demam," papar dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif