medcom.id, Semarang: Sepuluh Top Destinasi Prioritas atau yang lebih sering dipopulerkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sebagai 10 “Bali Baru” rupanya mengundang perhatian serius SPS (Serikat Perusahaan Pers Pusat).
Organisasi yang dahulu bernama Serikat Penerbit Surat Kabar dan didirikan di Yogyakarta, 8 Juni 1946, itu mengapresiasi langkah Kemenpar dengan membentuk tim pokja percepatan 10 destinasi.
Pada Rabu malam, 31 Agustus 2016, awarding itu dilaunching di Chrystal Room, Hotel Aston Semarang, di atas panggung “Karya Inspirasional untuk Bangsa.”
Menpar Arief Yahya pun terpilih sebagai Tokoh Publik dengan Karya Inspirasional, dalam ajang The 5th Indonesia Public Relations Awards & Summit (IPRAS) 2016 versi SPS itu.
Sertifikat sebagai pemberi inspirasi itu diserahkan oleh Ketua Harian SPS 2015-2019, Ahmad DJauhar. Ini adalah kali kedua Arief Yahya mendapatkan anugerah penghargaan dari SPS Pusat yang memiliki lebih dari 471 anggota (perusahaan media cetak) di 30 cabang di Indonesia.
Pada 2015, Arief Yahya dengan berbagai terobosan di Kemenpar juga menerima award serupa di Gedung Dewan Pers, Kebun Sirih, Jakarta. Pada 2016 ini, dewan jurinya cukup kredibel, yakni Silih Agung Wasesa, Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI), Thoriq Hadad Direktur Produksi Majalah Tempo, Eko Sulistio Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staff Presiden, Maria Wongsonagoro IPM PR dan Ahmad Djauhar Ketua Harian SPS Pusat.
Bukan hanya sosok personal Arief Yahya yang mendapatkan penghargaan, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia juga dinobatkan sebagai Lembaga Publik dengan Karya Inspirasional.
Mengapa disebut inspirasional? Menurut Ahmad Djauhar, Ketua Harian SPS, karena program PR yang dirancang dan dilaksanakan mampu menginspirasi dan memberikan pengaruh positif pada khalayak luas.
“Program itu inspirasional juga karena mampu mengkomunikasikan sesuatu visi yang menarik dan dapat meraih kepercayaan public terhadap apa yang sedang dikampanyekan,” jelas Ahmad Djauhar yang juga Wakil Pemimpin Umum Bisnis Indonesia itu.
Pada forum itu, Menpar Arief Yahya menyampaikan kata kunci bahwa pariwisata adalah penyumbang PDB, Devisa dan Lapangan Kerja yang paling mudah, murah dan cepat.
“Pertama soal PDB, pariwisata menyumbangkan 10 persen PDB nasional, dengan nominal tertinggi di ASEAN. Jarang-jarang kita punya angka terbaik di regional kan? Di sini kita dapat!” kata Arief Yahya.
Kedua, PDB pariwisata nasional tumbuh 4,8 persen dengan tren naik sampai 6,9 persen, jauh lebih tinggi daripada industri agrikultur, manufaktur otomotif dan pertambangan. Ketiga, devisa pariwisata USD 1 Juta, menghasilkan PDB USD 1,7 Juta atau 170 persen. Itu terbilang tertinggi dibanding industri lainnya.
“Jadi kalau selama ini orang mengkategorikan industri itu menjadi migas dan non migas, maka kelak industri itu akan menjadi pariwisata dan non pariwisata,” kata Arief yang disambut tepuk tangan hadirin.
Soal devisa, menurut pria asli Banyuwangi ini, saat ini Pariwisata masih menempati posisi ke-4 penyumbang devisa nasional, sebesar 9,3 persen dibandingkan industri lainnya. Tapi, pertumbuhan penerimaan devisa pariwisata itu tertinggi, yaitu 13 persen. Sedangkan industri minyak gas bumi, batubara, dan minyak kelapa sawit yang pertumbuhannya negatif.
“Ini penting: Biaya marketing yang diperlukan hanya 2 persen dari proyeksi devisa yang dihasilkan,” kata lulusan ITB Bandung, Surrey University Inggris dan Unpad Bandung itu.
Soal tenaga kerja yang paling rumit dihadapi oleh negeri ini, Pariwisata itu penyumbang 9,8 juta lapangan pekerjaan, atau sebesar 8,4 persen secara nasional dan menempati urutan ke-4 dari seluruh sektor industri. Dalam penciptaan lapangan kerja, sektor pariwisata tumbuh 30 persen dalam waktu 5 tahun.
“Itu pertumbuhan yang sangat signifikan,” ujarnya.
Pariwisata itu, lanjut dia, disebut pencipta lapangan kerja termurah, karena bisa meng-create job opportunity hanya dengan USD 5.000/satu pekerjaaan. “Coba banding dengan rata-rata industri lainnya yang sudah sebesar USD 100.000/satu pekerjaan,” jelas Arief yang membuat audience mengernyitkan dahi karena penuh dengan angka-angka dan harus dibayangkan dengan koversi rupiah.
Tokoh lain yang mendapatkan penghargaan adalah Abdulah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi dan Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah. Sedang Kementerian dan Lembaga lain yang mendapatkan awards adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), KPK, Kemenkeu dan Kementerian ESDM.
medcom.id, Semarang: Sepuluh Top Destinasi Prioritas atau yang lebih sering dipopulerkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sebagai 10 “Bali Baru” rupanya mengundang perhatian serius SPS (Serikat Perusahaan Pers Pusat).
Organisasi yang dahulu bernama Serikat Penerbit Surat Kabar dan didirikan di Yogyakarta, 8 Juni 1946, itu mengapresiasi langkah Kemenpar dengan membentuk tim pokja percepatan 10 destinasi.
Pada Rabu malam, 31 Agustus 2016, awarding itu dilaunching di Chrystal Room, Hotel Aston Semarang, di atas panggung “Karya Inspirasional untuk Bangsa.”
Menpar Arief Yahya pun terpilih sebagai Tokoh Publik dengan Karya Inspirasional, dalam ajang The 5th Indonesia Public Relations Awards & Summit (IPRAS) 2016 versi SPS itu.
Sertifikat sebagai pemberi inspirasi itu diserahkan oleh Ketua Harian SPS 2015-2019, Ahmad DJauhar. Ini adalah kali kedua Arief Yahya mendapatkan anugerah penghargaan dari SPS Pusat yang memiliki lebih dari 471 anggota (perusahaan media cetak) di 30 cabang di Indonesia.
Pada 2015, Arief Yahya dengan berbagai terobosan di Kemenpar juga menerima award serupa di Gedung Dewan Pers, Kebun Sirih, Jakarta. Pada 2016 ini, dewan jurinya cukup kredibel, yakni Silih Agung Wasesa, Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI), Thoriq Hadad Direktur Produksi Majalah Tempo, Eko Sulistio Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staff Presiden, Maria Wongsonagoro IPM PR dan Ahmad Djauhar Ketua Harian SPS Pusat.
Bukan hanya sosok personal Arief Yahya yang mendapatkan penghargaan, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia juga dinobatkan sebagai Lembaga Publik dengan Karya Inspirasional.
Mengapa disebut inspirasional? Menurut Ahmad Djauhar, Ketua Harian SPS, karena program PR yang dirancang dan dilaksanakan mampu menginspirasi dan memberikan pengaruh positif pada khalayak luas.
“Program itu inspirasional juga karena mampu mengkomunikasikan sesuatu visi yang menarik dan dapat meraih kepercayaan public terhadap apa yang sedang dikampanyekan,” jelas Ahmad Djauhar yang juga Wakil Pemimpin Umum Bisnis Indonesia itu.
Pada forum itu, Menpar Arief Yahya menyampaikan kata kunci bahwa pariwisata adalah penyumbang PDB, Devisa dan Lapangan Kerja yang paling mudah, murah dan cepat.
“Pertama soal PDB, pariwisata menyumbangkan 10 persen PDB nasional, dengan nominal tertinggi di ASEAN. Jarang-jarang kita punya angka terbaik di regional kan? Di sini kita dapat!” kata Arief Yahya.
Kedua, PDB pariwisata nasional tumbuh 4,8 persen dengan tren naik sampai 6,9 persen, jauh lebih tinggi daripada industri agrikultur, manufaktur otomotif dan pertambangan. Ketiga, devisa pariwisata USD 1 Juta, menghasilkan PDB USD 1,7 Juta atau 170 persen. Itu terbilang tertinggi dibanding industri lainnya.
“Jadi kalau selama ini orang mengkategorikan industri itu menjadi migas dan non migas, maka kelak industri itu akan menjadi pariwisata dan non pariwisata,” kata Arief yang disambut tepuk tangan hadirin.
Soal devisa, menurut pria asli Banyuwangi ini, saat ini Pariwisata masih menempati posisi ke-4 penyumbang devisa nasional, sebesar 9,3 persen dibandingkan industri lainnya. Tapi, pertumbuhan penerimaan devisa pariwisata itu tertinggi, yaitu 13 persen. Sedangkan industri minyak gas bumi, batubara, dan minyak kelapa sawit yang pertumbuhannya negatif.
“Ini penting: Biaya marketing yang diperlukan hanya 2 persen dari proyeksi devisa yang dihasilkan,” kata lulusan ITB Bandung, Surrey University Inggris dan Unpad Bandung itu.
Soal tenaga kerja yang paling rumit dihadapi oleh negeri ini, Pariwisata itu penyumbang 9,8 juta lapangan pekerjaan, atau sebesar 8,4 persen secara nasional dan menempati urutan ke-4 dari seluruh sektor industri. Dalam penciptaan lapangan kerja, sektor pariwisata tumbuh 30 persen dalam waktu 5 tahun.
“Itu pertumbuhan yang sangat signifikan,” ujarnya.
Pariwisata itu, lanjut dia, disebut pencipta lapangan kerja termurah, karena bisa meng-create job opportunity hanya dengan USD 5.000/satu pekerjaaan. “Coba banding dengan rata-rata industri lainnya yang sudah sebesar USD 100.000/satu pekerjaan,” jelas Arief yang membuat audience mengernyitkan dahi karena penuh dengan angka-angka dan harus dibayangkan dengan koversi rupiah.
Tokoh lain yang mendapatkan penghargaan adalah Abdulah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi dan Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah. Sedang Kementerian dan Lembaga lain yang mendapatkan awards adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), KPK, Kemenkeu dan Kementerian ESDM.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ROS)