Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Pemerintah dan Masyarakat Berperan Mencegah Lonjakan Covid-19

Theofilus Ifan Sucipto • 30 November 2021 11:13
Jakarta: Pemerintah terus berupaya mempertahankan kasus covid-19 serendah mungkin menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru). Masyarakat diajak bekerja sama menyukseskan target tersebut.
 
"Upaya ini akan efektif jika masyarakat patuh, taat, dan disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Selasa, 30 November 2021.
 
Nadia mengimbau masyarakat mengurangi mobilitas di akhir tahun. Khususnya, menyegerakan diri dan mengajak keluarga ikut vaksinasi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nadia memerinci upaya pemerintah dalam menjaga tren penanganan covid-19 yang baik. Pertama, memperkuat testing, tracing, dan treatment (3M) termasuk surveilans dalam pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.
 
"Serta surveilans genomic untuk mengawasi varian baru serta pengawasan di pintu masuk negara," kata dia.
 
Baca: Mobilitas Masyarakat Meningkat Tajam Sejak Juli 2021
 
Upaya kedua, yakni manajemen klinis sesuai perkembangan ilmu pengetahuan termasuk potensi obat baru. Kemudian memastikan kesiapan rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.
 
"Ketiga, perubahan perilaku melalui penguatan protokol kesehatan berbasis teknologi informasi," ucap Nadia.
 
Nadia menyebut upaya keempat ialah meningkatkan cakupan vaksinasi. Terakhir, memperkuat sistem kesehatan guna menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan esensial dan memenuhi standar protokol kesehatan.
 
"Di situasi pandemi yang sudah kian membaik, harus tetap dipertahankan dengan menekan laju penularan," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes itu.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif