Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

KPAI: Kejahatan Seksual pada Anak Dominasi Pengaduan Sepanjang 2022

Antara • 21 Januari 2023 07:03
Jakarta: Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Ai Maryati Solihah mengatakan kasus kejahatan seksual anak mendominasi pengaduan yang masuk selama 2022. KPAI mencatat pengaduan paling tinggi adalah klaster perlindungan khusus anak (PKA), mencapai 2.133 kasus. 
 
"Kasus tertinggi adalah jenis kasus anak menjadi korban kejahatan seksual dengan jumlah 834 kasus," kata Ai Maryati Solihah dalam acara Laporan Akhir Tahun dan Catatan Hasil Pengawasan KPAI Tahun 2022, di Jakarta, Jumat, 20 Januari 2023.
 
Menurut dia, data tersebut mengindikasikan bahwa anak Indonesia rentan menjadi korban kejahatan seksual. Dia menuturkan kekerasan seksual bisa terjadi di ranah domestik, di berbagai lembaga pendidikan berbasis keagamaan, dan umum.
 

Baca: Nenek Ngemis Online di Tiktok, Polri Bakal Gandeng KPAI dan Komnas Perempuan


KPAI mencatat selama 2022, laporan pengaduan kasus anak korban kekerasan seksual terbanyak berasal dari DKI Jakarta dengan 56 kasus dan Jawa Timur 39 kasus. Sementara pengaduan dari klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif didominasi kasus pelanggaran hak anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Data pengaduan klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif sebanyak 1.960 aduan. Angka tertinggi pengaduan kasus pelanggaran hak anak terjadi pada anak korban pengasuhan bermasalah/konflik orang tua/keluarga sebanyak 479 kasus," kata Ai.
 
Ia mengatakan data ini menggambarkan bahwa keluarga yang seharusnya menjadi tempat paling aman dan nyaman bagi anak, kenyataannya justru kerap menjadi tempat pelanggaran hak anak.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif