Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa

Pemerintah Bakal Bangun Smart Village di Lokasi Pascabencana

Antara • 07 Januari 2022 09:23
Jakarta: Pemerintah bakal membangun konsep Smart Village atau Desa Cerdas untuk hunian tetap (huntap) yang diperuntukkan warga terdampak bencana alam. Hunian ini akan dilengkapi tempat usaha.
 
"Jadi ini tidak hanya permukiman, tapi semacam Smart Village, artinya kampung yang ditata dan diberikan juga tempat-tempat kegiatan usaha secara lengkap," kata Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dilansir dari Antara, Jumat, 7 Januari 2022.
 
Konsep Desa Cerdas sedang dikembangkan untuk huntap terdampak gempa bumi, likuefaksi, dan tsunaim di Palu, Sulawesi Tengah. Konsep ini juga akan diterapkan di Lumajang, Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan ini memang menjadi model yang kami lakukan di beberapa tempat ketika terjadi relokasi daerah, termasuk juga di Lumajang, mungkin di Pombewe juga kemudian seperti Smart Village," ujarnya.
 
Baca: Wapres Ingin Upaya Pemulihan Pascabencana Tak Terhambat
 
Pengembangan konsep Desa Pintar untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Desa Cerdas merupakan program pengembangan desa yang menerapkan teknologi digital dan informasi tepat guna untuk mewujudkan kemandirian bagi desa yang ada di berbagai daerah.
 
Dalam konsep Desa Cerdas tersebut, jaringan dan koneksi internet menjadi sarana utama masyarakat desa mencapai kemajuan. Program Desa Cerdas dikembangkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), di periode 2020-2024, dengan target 3.000 desa.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif