Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengunjungi Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Rabu, 17 November 2021 (Foto:Dok.BPIP)
Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengunjungi Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Rabu, 17 November 2021 (Foto:Dok.BPIP)

Kepala BPIP Ingatkan Siswa SPN Setia kepada NKRI

Rosa Anggreati • 18 November 2021 23:12
Rejang Lebong: Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi mengajak ratusan calon siswa bintara remaja Polri untuk menjadi pahlawan Indonesia pada masa depan, yaitu dengan mengisi kemerdekaan sebagai anggota Polri yang baik.
 
Hal itu disampaikan Yudian Wahyudi saat mengunjungi Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Rabu, 17 November 2021. 
 
Yudian juga berpesan agar para peserta didik di SPN Bukit Kaba selalu setia kepada NKRI dan tunduk pada negara.
 
"Jangan pernah melawan negara karena melawan negara di manapun pasti dihukum," kata Yudian.
 
Yudian mengingatkan, agar semua calon anggota Polri ini jangan dijajah kembali. Caranya, jangan pernah mau diadu domba.
 
"Pegang selalu persatuan dan Bhinneka Tunggal Ika. Jangan tertipu. Jangan melawan negara dengan cara penyalahgunaan narkoba, terorisme, ataupun separatisme," kata Yudian.
 
Yudian juga meminta kepada para calon bintara Polri untuk memahami dua peristiwa di Indonesia yang baru saja diperingati, yakni Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan.
 
Menurut Yudian, dengan Sumpah Pemuda dan nilai-nilai Kepahlawanan, maka pada zaman perjuangan dulu, Indonesia bisa mengusir penjajah Jepang maupun Belanda. Padahal, Indonesia saat itu sebagai negara yang baru lahir belum memiliki perangkat persenjataan yang canggih.
 
"Karena dulu kita bersatu dan gotong royong maka kita bisa menang," kata Yudian.
 
Oleh karena itu, Yudian mengingatkan semua warga negara Indonesia harus bersyukur lahir dan tinggal di Indonesia.
 
"Cara bersyukurnya adalah dengan mengisi kemerdekaan," kata Yudian.
 
Untuk diketahui, ada ratusan orang calon siswa bintara remaja Polri di SPN Bukit Kaba ini. Mereka terdiri dari 37 calon bintara asal Polda dan 147 dari Polda Papua Barat. Sementara, yang berasal dari Polda Bengkulu sebanyak 229 orang.
 
Kepala BPIP Ingatkan Siswa SPN Setia kepada NKRISementara, Kepala SPN Bukit Kaba Kombes Asrial Kurniansyah mengatakan, para siswa patut bangga mendapat arahan langsung dari Kepala BPIP. Tidak semua SPN di Indonesia mendapat kesempatan diberikan pembinaan mengenai Pancasila langsung oleh kepala BPIP.
 
Dia berpesan kepada para siswa untuk menyerap pesan-pesan dari kepala BPIP. Dan, menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam bertugas dan dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Seperti kata Bapak Kepala BPIP tadi, jadilah pahlawan Polri pada masa mendatang," kata Asrial.
 
Kunjungan kerja BPIP itu dihadiri sejumlah pimpinan BPIP, di antaranya yakni Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan Prakoso; Direktur Sosialisasi dan Komunikasi Akbar Hadi Prabowo; serta unsur dari pejabat daerah dan DPRD Rejang Lebong.
 
(ROS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif