Presiden Joko Widodo. Medcom.id-Desi Anggriani
Presiden Joko Widodo. Medcom.id-Desi Anggriani

Jokowi Perintahkan Fasilitas di Puskesmas Ditingkatkan

Nasional Virus Korona presiden jokowi
Nur Azizah • 18 Mei 2020 12:50
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta fasilitas kesehatan di tingkat pertama ditingkatkan. Hal ini penting dalam melacak pasien positif virus korona (covid-19).
 
"Ini betul-betul perlu diefektifkan, sehingga puskesmas dan jaringannya bisa diaktivasi menjadi simpul dalam pelacakan dan penelusuran kasus covid-19 yang ada di lingkungan wilayah itu," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 18 Mei 2020.
 
Puskesmas diharapkan bisa ikut menguji sampel spesimen covid-19 dan menjadi simpul pemantauan orang dalam pemantauan (ODP) maupun orang tanpa gejala (OTG). Saat ini baru ada 4 ribu dari 10.134 rumah sakit yang memiliki fasilitas rawat inap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, saya minta fasilitas kesehatan di tingkat pertama harus diperkuat," kata dia.
 
Baca: Jokowi Meninjau Distribusi Paket Sembako di Jakarta Pusat
 
Presiden Joko Widodo juga sempat 'menyentil' ihwal rasio ranjang rumah sakit di Indonesia yang jauh tertinggal dari negara-negara Asia lainnya. Berdasarkan hitung-hitungannya, rasio jumlah tempat tidur berdasarkan jumlah penduduk hanya 1,2 per 1.000 pasien.
 
Di India, rasio ranjang rumah sakit lebih tinggi, yakni 2,7 per 1.000 pasien. Adapun Tiongkok hampir empat kali lipat dari rasio Indonesia, 4,3 per 1.000 pasien.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjadikan masa pandemi covid-19 untuk mengevaluasi seluruh sektor kesehatan di Indonesia. Mulai dari peralatan hingga sumber daya manusianya.
 
Jokowi ingin Indonesia belajar dari covid-19, untuk itu ia memerintahkan jajarannya untuk menyelesaikan masalah ini. Begitu juga dengan masalah ketersediaan obat, alat kesehatan, hingga ketersediaan rumah sakit.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif