KRI Rigel mencari pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Minggu, 10 Januari 2020. Foto: Metro TV
KRI Rigel mencari pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Minggu, 10 Januari 2020. Foto: Metro TV

Robot Diturunkan Cari Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Nasional pesawat hilang Pesawat Jatuh sriwijaya air Sriwijaya Air Jatuh Sriwijaya Air Hilang Kontak Pesawat Sriwijaya Air Sriwijaya Air SJ182
Cindy • 11 Januari 2021 16:05
Jakarta: Robot pencari bawah air (ROV) bakal diterjunkan di sektor yang diduga lokasi kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Kaki, Kepulauan Seribu. ROV akan memeriksa kondisi bawah laut secara tiga dimensi.
 
"ROV belum diturunkan karena takut terkena penyelam sehingga nanti sore begitu mereka (penyelam) istirahat, ROV akan diturunkan," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dalam Breaking News Metro TV, Jakarta, Senin, 11 Januari 2021.
 
Menurut dia, TNI AL telah menemukan satu sektor yang diduga lokasi black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Pencarian akan difokuskan di lokasi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Cerita Kakak Korban Sriwijaya: Penolakan Buat Nurul Selamat dari Maut
 
"Setelah tadi malam dievaluasi dan tadi dilaksanakan scanning, kemudian dari titik-titik dihubungkan sudah kita petakan ternyata tinggal satu area 140x100 meter berbentuk segitiga," ujar dia.
 
Operasi pencarian dan pertolongan ini akan berlangsung selama 24 jam. Penyelam hanya dibatasi bekerja hingga pukul 18.00 WIB karena terkendala jarak pandang di bawah air yang berkurang saat malam hari.
 
Pencarian black box akan dilanjutkan dengan ROV. Selain itu, TNI AL akan terus mengamankan sekitar area yang diduga lokasi black box.
 
"Supaya area yang sudah dipetakan ini jangan sampai ada kapal yang lewat. Kemudian masang jaring sebagainya kita amankan supaya tidak terganggu, kita petakan tadi," kata Yudo.
 
Pesawat Sriwijaya Air dengan call sign SJ-182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pukul 14.40 WIB, Sabtu, 9 Januari 2021. Pesawat berjenis Boeing 737-500 dengan nomor registrasi PK-CLC itu lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pukul 14.36 WIB.
 
Posisi terakhir pesawat itu ada di 11 nautical mile di utara Bandara Soetta, tepatnya di sekitar Pulau Laki. Pesawat tercatat hendak menambah ketinggian dari 11 ribu ke 13 ribu kaki. Pesawat itu jatuh saat mengangkut 62 orang, yakni 50 penumpang dan 12 kru.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif