Ilustrasi azan. ist
Ilustrasi azan. ist

Dicatat Malaikat, Ini Dia 4 Manfaat Menjawab Azan

Adri Prima • 08 April 2022 13:18
Jakarta: Azan merupakan panggilan untuk mendirikan salat. Azan dikumandangkan oleh muadzin yang memang bertugas untuk melantunkan azan di setiap masuknya salat lima waktu. 
 
Setiap kalimat dalam azan memiliki makna tersendiri. Oleh karena itu, dengan mengetahui cara menjawab azan, seseorang akan mendapatkan hikmah saat melakukannya.
 
Berikut ini adalah beberapa manfaat menjawab azan berdasarkan beberapa hadis:

1. Amal baik yang dicatat malaikat


Menjawab azan yang merupakan panggilan shalat, akan menjadi sebuah amal baik yang akan dicatat oleh malaikat Rakib dan Atid.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan catatan itu akan menjadi saksi kebaikan seseorang di hari kiamat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:
 
“Tidaklah suara azan yang keras dari yang mengumandangkan azan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat.” (HR Abu Ya’la)

2. Menjawab azan mengantarkan menuju surga


Saat mengetahui cara menjawab azan serta meyakini dengan hati kebenarannnya, maka hal tersebut bisa saja akan mengantarkan seseorang ke surga.
 
“Ketika muadzin mengumandangkan Allahuakbar Allahuakbar lalu kalian menjawab Allahuakbar Allahuakbar. Kemudian muadzin mengumandangkan asyhadu anlaa ilaaha illallah, lalu kalian menjawab ashadu anlaa ilaaha illallah dan seterusnya hingga akhir azan. Siapa yang mengucapkan itu dari dalalm hatinya maka akan masuk surga.” (HR Muslim)
 
Begini Cara dan Lafal untuk Menjawab Azan Subuh, Muslim Wajib Hafal

3. Diampuni dosa


Menjawab panggilan azan juga bisa menghapus dosa.
 
“Kemudian, Barangsiapa yang ketika mendengarkan azan dia mengucapkan: aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT. Siapa yang mengucapkan itu maka dosa-dosanya akan diampuni.” (HR Ahmad, Muslim dan lainnya)

4. Diberi shalawat oleh Allah SWT


“Apabila kalian mendengar muadzin, jawablah azannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku sekali maka Allah akan memberikannya shalawat untuknya 10 kali.” (HR Muslim)
 
(PRI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif