Komunitas XYZ Indonesia mengajak masyarakat lintas generasi untuk bijak bermedsos. Foto: Dok XYZ Indonesia
Komunitas XYZ Indonesia mengajak masyarakat lintas generasi untuk bijak bermedsos. Foto: Dok XYZ Indonesia

XYZ Indonesia: Bijak Bermedsos, Kunci Jaga Keutuhan Bangsa

Medcom • 26 November 2022 14:54
Jakarta: Santun dan bijak dalam menggunakan media sosial atau medsos adalah kunci menjaga keutuhan bangsa. Pesan itu didengungkan komunitas gerakan lintas generasi, XYZ Indonesia.
 
XYZ Indonesia mengajak masyarakat dari generasi X, Y, hingga Z untuk bijak bermedsos. Apalagi ketiga generasi itu cukup aktif menggunakan media sosial.
 
"Saat ini media sosial memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam membangun opini dan persepsi di masyarakat," kata Ketua XYZ Indonesia, Mohammad Aliardo, dalam sebuah diskusi bertema Santun dan Bijak Menggunakan Media Sosial: Menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara Indonesia, di Oemah Resto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu, 26 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Aliardo, media sosial saat ini tak hanya sebagai alat komunikasi dan alat menyampaikan informasi. Lebih dari itu, medsos bisa menjadi alat pertukaran pengetahuan.
 
Dilihat dari sisi positifnya, medsos menjadikan masyarakat lebih peduli dan lebih sadar terhadap isu-isu yang berkembang di tingkat lokal maupun global. Namun, tanpa disadari, ada upaya-upaya untuk membangun kesadaran palsu oleh segelintir oknum pegiat media sosial yang tidak bertanggung jawab.
 
Para oknum yang kerap disebut buzzer ini sengaja menyampaikan hoaks atau disinformasi dengan tujuan mengelabui masyarakat. "Tentu saja demi keuntungan pribadi maupun bagi pembayarnya," kata dia.
 
Aliardo menyampaikan perilaku para pembuat hoaks ini sangat berbahaya bagi kohesivitas sosial. Bahkan, bisa merusakndan keutuhan bangsa dan negara.
 
"Apalagi menjelang tahun politik. Persaingan yang melibatkan buzzer dapat mengganggu pesta demokrasi," kata dia.
 
Baca: Purnawirawan TNI Ajak Masyarakat Lawan Buzzer Hoaks
 
XYZ Indonesia mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama dari kalangan generasi X, Y, dan Z, untuk bersama-sama saling mengingatkan. Menolak upaya-upaya penyebaran hoaks dan disinformasi yang mem-framing, mendiskreditkan, dan memfitnah dengan tujuan menjatuhkan lawan politik.
 
XYZ Indonesia juga mengajak masyarakat untuk lebih santun mengekspresikan pendapatnya di media sosial. Tidak mudah terpancing emosi dan lebih bijaksana dalam menyikapi informasi dan berita yang beredar.
 
(UWA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif