Habibie Sebut Pembuatan Pesawat Terbang Ide Soekarno

Achmad Zulfikar Fazli 09 Mei 2018 14:12 WIB
pesawat
Habibie Sebut Pembuatan Pesawat Terbang Ide Soekarno
Presiden ke-3 RI BJ Habibie--Antara/Akbar Nugroho
Jakarta: Presiden ke-3 RI BJ Habibie merancang sejumlah pesawat terbang produk dalam negeri. Namun, ia menyebut ide awal pembuatan pesawat produk dalam negeri itu keluar dari Presiden pertama RI soekarno.

"Pesawat terbang itu idenya siapa? bukan Habibie bukan Soeharto. Soekarno, Bung Karno," kata Habibie dalam dialog nasional 'Meningkatkan Inovasi Iptek untuk Mendorong Industri Dalam Negeri Mewujudkan Ekonomi Pancasila', di Auditorium BPPT, Gedung II BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu, 9 Mei 2018.

Menurut dia, rencana pembuatan pesawat terbang ini telah dipikirkan oleh Bung Karno. Namun, hal itu baru terealisasi saat kepemimpinan Presiden ke-2 RI Soeharto.


Baca: Pemerintah Diharap Ikut Membiayai Pembuatan Pesawat R80

Saat itu, Habibie yang menjabat Menteri Ristek dan Teknologi membuat pesawat N-250 Gatot Kaca. Pesawat itu terbang perdana (first flight) pada Agustus 1995. Soeharto menyaksikan langsung pesawat baling-baling bermesin turboprop buatan lokal terbang di langit Bandung, Jawa Barat.

Sayangnya, proyek ini kemudian terhenti. Ia pun mencoba menghidupkan industri penerbangan dengan membangun pesawat R80.

Menurut dia, industri penerbangan sangat penting untuk kehidupan bangsa dan negara. Bahkan, ia mendengar informasi ada sebuah negara tetangga yang siap membangun pesawat dan Indonesia yang akan menjadi pangsa pasarnya.

"Sampai dunia kiamat tidak bisa menghidupkan negara tanpa kapal terbang dan satelite," kata dia.




(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id