Kecelakaan Kerja di Proyek Infrastruktur Akibat Kurang Disiplin

Sunnaholomi Halakrispen 28 April 2018 16:43 WIB
kecelakaan kerja
Kecelakaan Kerja di Proyek Infrastruktur Akibat Kurang Disiplin
Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen
Jakarta: Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin menyebut kecelakaan kerja yang marak terjadi di proyek infrastruktur karena pekerja kurang disiplin. Ia juga menilai ada faktor kurangnya pengawasan terhadap pekerja konstruksi. 

"Kejadian-kejadian (kecelakaan kerja) itu umumnya karena kedisiplinan para pekerja, kurangnya pengawasan. Sehingga sifatnya bukan karena teknologi atau hal-hal yang sifatnya rumit," kata Syarif di Gedung Kerta Niaga, Kota Tua, Jakarta, Sabtu, 28 April 2018.

Ia membantah maraknya kecelakaan kerja lantaran proyek infrastruktur dikebut proses pembangunannya. Kendati ditarget rampung cepat, kata dia, kontraktor tak boleh mengabaikan prosedur keselamatan. 


"Semuanya harus memulai mekanisme yang namanya SOP (standar operasional prosedur), standar-standar pelaksanaan, umur beton. Itu udah jelas semua," ujarnya.

Baca Juga: Regulasi Pekerja Konstruksi akan Dievaluasi

Syarif mengatakan, Kementerian PUPR berjanji meningkatkan pengawasan kerja di proyek infrastruktur. Ia berharap tidak ada lagi insiden kecelakaan kerja. Ia juga mengingatkan para pekerja konstruksi harus memegang teguh prosedur yang berlaku.

"Meningkatkan budaya-budaya pengawasan kita, budaya disiplin kita dalam bekerja. Nah itu kita terus tingkatkan dan mudah-mudahan kedepannya tidak akan terjadi lagi," ucapnya.





(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id