Ilustrasi paspor. Antara/Fikri Yusuf
Ilustrasi paspor. Antara/Fikri Yusuf

Kanim Jakarta Timur Buka Layanan Kirim Paspor Lewat Marketplace

Antara • 22 Januari 2023 01:27
Jakarta: Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Jakarta Timur membuka pelayanan pengiriman paspor secara daring melalui PT Pos Indonesia yang bekerja sama dengan platform marketplace Tokopedia. Pengiriman paspor melalui Tokopedia itu sudah berlangsung sejak akhir 2022.
 
"Sudah sejak tahun 2016 kami bekerja sama dengan jasa kurir, seperti PT Pos Indonesia, untuk pengiriman paspor yang sudah jadi," kata Kepala Kanim Kelas I TPI Jakarta Timur Berthi Mustika dalam keterangan yang diterima, Jakarta, Sabtu, 21 Januari 2023.
 
Layanan pengiriman di marketplace itu merujuk pada akun toko Koperasi Pegawai Kantor Imigrasi Jakarta Timur sebagai mitra penyedia produk layanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemohon yang ingin menggunakan jasa kurir via Tokopedia dapat menggunakan jasa pengiriman paspor via kurir dengan ketentuan mengirimkan foto atau hasil pindai bukti pembayaran.
 
"Pastikan kualitas foto baik atau tidak blur," kata dia.
 
Kemudian, pemohon diminta menuliskan alamat pengiriman secara rinci serta kontak yang dapat dihubungi. Paspor akan dikirimkan empat hari kerja setelah tahap pengambilan foto dan sidik jari biometrik.
 
"Layanan tidak berlaku untuk penggantian paspor karena rusak atau hilang," ujar dia.
 

Baca Juga:Imigrasi Bandara Soetta Buka Pelayanan Paspor Weekend dan Kelompok Rentan


Untuk menggunakan layanan tersebut, pemohon bisa mencari akun toko Koperasi Pegawai Kantor Imigrasi Jakarta Timur di Tokopedia, kemudian memilih produk pengiriman oleh Koperasi Pegawai Kantor Imigrasi Jakarta Timur.
 
"Biaya yang dikenakan untuk jasa ini sebesar Rp30 ribu sudah meliputi layanan penguasaan pengambilan paspor oleh orang di luar Kartu Keluarga, termasuk meterai, jasa pengemasan paspor, jasa petugas koperasi, serta biaya alat tulis kantor yang dipakai untuk pengemasan," ujar Berthi.
 
Biaya tersebut belum termasuk ongkos kirim sesuai ekspedisi yang dipilih oleh masyarakat. Masyarakat bisa memperoleh informasi lebih lanjut terkait layanan itu di nomor WhatsApp 089523539798.
 
Kantor Imigrasi Jakarta Timur juga menyediakan layanan WhatsApp informasi atau pengaduan di nomor 08111477756 serta media sosial di Instagram @imigrasijaktim dan Twitter @imigrasi_jaktim.

 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif