Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Syarat Masuk PDSI: Hengkang dari IDI

MetroTV • 19 Mei 2022 11:26
Jakarta: Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) tidak mengizinkan anggotanya merangkap keanggotaan dengan organisasi profesi sejenis. Karena itu, dokter yang ingin bergabung bersama PDSI harus hengkang dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
 
"Betul, harus keluar IDI jika ingin bergabung PDSI. Namun, kami jamin surat izin praktik tetap berlaku selama surat registrasi yang dikeluarkan Konsil Kedokteran Indonesia berlaku. Surat izin praktik itu dikeluarkan dinas, bukan IDI," kata Sekretaris Umum PDSI dr Erfen Gustiawan dalam tayangan Hotroom di Metro TV, Rabu, 18 Mei 2022. 
 
Menanggapi syarat ini, Wakil Ketua Umum II Pengurus Besar (PB) IDI, dr Mahesa Paranadipa, tak mempermasalahkannya. Bahkan, menurutnya, itu bukan ancaman. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika ada anggota kami yang bergabung ke PDSI dan harus keluar dari IDI, kami tidak dirugikan. Yang dirugikan dalam hal ini anggota itu sendiri," kata Mahesa.
 
Mahesa menegaskan IDI konsisten dalam menjalankan mandat yang tertuang dalam UU Praktik Kedokteran. IDI juga terus berupaya menjaga standar profesi kedokteran dan pelayanan kepada masyarakat.
 
Baca: Kehadiran Multi Organisasi Profesi Dokter Dinilai Membahayakan
 
PDSI dideklarasikan Brigadir Jenderal (Purnawirawan) Jajang Edi Priyatno di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 27 April 2022. Pendirian PDSI ini tercatat dalam SK Kemenkumham No AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.
 
Staf mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto itu menjelaskan bahwa PDSI didirikan berdasarkan Pasal 28 UUD 1945. Aturan itu menyebutkan negara menjamin kebebasan warga negara untuk berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif