Awan tebal menyelimuti kota Makassar. (ANT/YUSRAN UCCANG)
Awan tebal menyelimuti kota Makassar. (ANT/YUSRAN UCCANG)

Awan Kumulonimbus di Makassar Kejadian Biasa

Nasional fenomena alam
Muhammad Syahrul Ramadhan • 04 Januari 2019 04:43
Jakarta: Kumpulan awan seperti gelombang tsunami di Bandara Hasanudin Makassar, Sulawesi Selatan, adalah awan kumulonimbus. Jenis awan tebal tersebut, biasa terjadi saat musim hujan. 

“Pertama perlu kami tegaskan tidak ada awan tsunami. Tidak ada istilah itu. Itu memang awan yang biasa di musim penghujan ini. Namanya awan kumulonimbus atau biasa disebut awan cb,” kata menurut Kepala Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Fachri Radjab, ditemui di kantor BMKG, Jakarta, Kamis, 3 Januari 2019.

Fachri menjelaskan, awan cb masuk ke dalam kelompok awan konservatif. Awan cb terbentuk karena penjalaran panas dari permukaan bumi ke udara. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Bentuknya khas, kalau kemarin kan seperti spiral nah bentuk awan-awan cb itu seperti itu,” terangnya. Dia mengungkap, awan cb juga mempunyai periode hidup yakni dari tumbuh, matang, sampai punah. Menurutnya, awan cb yang terbentuk di Makassar sudah masuk ke fase matang, karena berbentuk bunga kol. 

“Atasnya rata seperti ada landasan,” tambah Fachri.

Soal dampak awan cb, kata Fachri, yakni bisa terjadi puting beliung seperti yang terjadi di Bogor dan Cirebon. Selain itu, adanya awan cb harus dihindari oleh para penerbang.

"Karena pertama di dalam awan cb ada down drive atau tekanan ke bawah yang membuat peswat bisa kehilangan kendali dan meluncur ke bawah. Kedua ada pembekuan," tuturnya. 

Lantaran, puncak awan bisa mencapai 30 ribu kaki. Sehingga berbahaya bagi pesawat. Di dalam awan cb terdapat petir. "Ada ion-ion listrik di dalamnya," imbuhnya. 

Khusus awan cb di Makassar, menurutnya belum berbahaya karena termasuk dalam awan cb gemuk. Sementara yang berbahaya, ialah awan cb ramping yang bagian atasnya mekar seperi kol. 

 


(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi