Jokowi Tagih Persiapan Konferensi Laut Dunia

Achmad Zulfikar Fazli 22 Oktober 2018 11:53 WIB
kelautanjokowi-jkkemaritiman
Jokowi Tagih Persiapan Konferensi Laut Dunia
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas terkait Our Ocean Conference (OCC) atau konferensi laut dunia ke-5 di Bali - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Bogor: Presiden Joko Widodo menagih persiapan acara Our Ocean Conference (OCC) atau konferensi laut dunia ke-5 di Bali. Dia ingin mendapat laporan dari jajaran Kabinet Kerja terkait progres persiapan ajang internasional itu.

"Saya kira waktunya sudah sangat mepet. Siang hari ini saya minta laporannya secara detail," kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 22 Oktober 2018.

Dia ingin persiapan konferensi laut dunia ini betul-betul maksimal. Sebab, perhelatan ini merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia.


"Kita ingin membangun sebuah kepercayaan, membangun sebuah trust dari dunia internasional yang terus harus kita jaga," ujar dia.

Jokowi ingin membuktikan Indonesia sebagai negara yang besar kepada dunia internasional. Dia juga ingin konferensi laut dunia ini memberikan dampak positif bagi Indonesia.

"Saya ingin agar OCC ini betul-betul dimanfaatkan yang sebesar-besarnya bagi kepentingan nasional kita," ucap dia.

(Baca juga: Komitmen Menjaga Laut Melalui Our Ocean Conference 2018)

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan persiapan konferensi laut dunia hampir selesai. Luhut juga baru memimpin rapat dengan menteri terkait untuk membahas persiapan ini.

Menteri yang hadir dalam rapat tersebut antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keluatan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Rapat berlangsung di Kemenko Kemaritiman, Jakarta.

"Persiapan menurut hemat kami sudah 95 persen, walaupun di sana sini masih ada yang perlu kita perbaiki," kata Luhut.

Konferensi laut dunia 2018 akan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Centre pada 29-30 Oktober 2018. Acara itu akan dihadiri oleh sekitar 1.000 peserta dari berbagai negara, termasuk beberapa kepala negara dan pemerintahan.

Dalam konferensi laut dunia ini juga akan dihadirkan stakeholder utama kelautan dan perikanan. Selain itu, dari sektor swasta, akademisi, mahasiswa, dan lembaga swadaya masyarakat juga akan hadir.


 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id