Ilustrasi. (Getty Images)
Ilustrasi. (Getty Images)

Kemenkominfo Dukung Pelatihan Podcast untuk 5 Ribu Peserta

Theofilus Ifan Sucipto • 30 Agustus 2020 12:03
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendukung pelatihan membuat podcast untuk lima ribu peserta. Pelatihan diharapkan membuat masyarakat giat menghasilkan konten positif di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
"Saya optimistis dengan adanya kelas podcast ini akan mendorong masyarakat untuk menghasilkan lebih banyak konten yang positif dan mendidik," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam keterangan tertulis, Minggu, 30 Agustus 2020.
 
Semuel menilai pelatihan podcast akan menarik. Sebab, bisa menjadi alternatif menambah penghasilan dan mengembangkan wirausaha online.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini dapat sebagai sumber penghasilan di masa krisis pandemi. Sebenarnya ini adalah momentum yang tepat untuk memulai podcast dan berwirausaha online," ujar dia.
 
Menurut Semuel, peluang menggeluti podcast sangat potensial. Dia mengutip data Podcast Insight yang menyebut ada lebih dari 30 juta episode podcast di seluruh dunia per April 2020.
 
Sebanyak lebih dari 40 persen responden mendengar podcast saat di rumah maupun di perjalanan. Semuel mengatakan hal itu peluang mendapatkan alternatif penghasilan.
 
"Indonesia merupakan jumlah pendengar podcast terbanyak di Asia Tenggara. Diprediksikan akan ada 2,2 miliar pendengar podcast per bulan di tahun 2024," tutur Semuel.
 
Baca: Kemenparekraf Andalkan Tur Virtual untuk Genjot Pariwisata
 

Semuel mengajak masyarakat yang berminat mendaftarkan diri di laman  www.kelaspodcastsiberkreasi.com. Bakal ada enam sesi pelatihan oleh narasumber yang bekerja sama dengan Siberkreasi.
 
Ketua Umum Siberkreasi, Yosi Mokalu, berharap masyarakat memanfaatkan momentum ini. Apalagi, podcast menjadi sarana berbagi pengalaman dan pendidikan.
 
"Kita ingin berkontribusi terhadap ekosistem podcast dengan mengajak masyarakat Indonesia yang ingin bersuara serta menciptakan konten yang bermutu dengan media audio," kata Yosi.
 
Yosi menjelaskan kelas podcast berlangsung secara virtual sampai Desember 2020. Setiap kelas akan berlangsung dalam 6 sesi pertemuan yang berlangsung setiap hari Sabtu.
 
"Supaya masyarakat yang terdampak pandemi lebih kreatif menciptakan konten bermutu hingga bisa menghasilkan uang," kata dia.
 
(JMS)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif