Pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Medcom.id/Muhammad Al Hasan
Pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Medcom.id/Muhammad Al Hasan

Di Bawah Yayasan Soeharto, TMII Rugi Rp50 Miliar per Tahun

Nasional aset negara TMII taman hiburan
Theofilus Ifan Sucipto • 09 April 2021 14:53
Jakarta: Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, merugi hingga Rp50 miliar per tahun di bawah pengelolaan Yayasan Harapan Kita yang dimiliki keluarga mantan Presiden Soeharto. Hal itu menjadi salah satu pertimbangan Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengambil alih pengelolaan TMII.
 
"Setiap tahun Yayasan Harapan Kita menyubsidi antara Rp40 sampai Rp50 miliar dan pastinya tidak memberikan kontribusi kepada negara," kata Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dalam telekonferensi, Jumat, 9 April 2021.
 
Moeldoko menyebut Pratikno mulai mengkaji tata kelola TMII pada 2016. Pratikno menggandeng Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


UGM mengeluarkan tiga rekomendasi, yakni TMII dikelola swasta, dikelola melalui kerja sama pemerintah, dan dikelola Badan Layanan Umum (BLU). Sementara, BPKP merekomendasikan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) yang mengelola.
 
"Dari pertimbangan-pertimbangan itu, keluar Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021. Dengan begitu Keputusan Presiden Nomor 51 Tahun 1977 tidak berlaku," kata Moeldoko.
 
Baca: Pengelola TMII Disebut Tak Pernah Setor ke Kas Negara
 
Pengelolaan TMII, Jakarta Timur, resmi diambil alih Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Tempat rekreasi itu akan dipoles menjadi taman budaya bertaraf internasional.
 
Hal itu diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021. Ambil alih pengelolaan ini juga merujuk rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan pemangku kepentingan terkait.
 
"Bisa menjadi kawasan culture theme park yang berstandar internasional. Kita harapkan bisa menjadi jendela Indonesia di mata internasional," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi televideo, Rabu, 7 April 2021.
 
Selama hampir 44 tahun, TMII dikelola Yayasan Harapan Kita. Yayasan tersebut didirikan istri Presiden Soeharto, Tien Soeharto, atau kerap disebut keluarga Cendana.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif