Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

BPOM: Efikasi Vaksin Sinovac 65,3 Persen

Nasional Virus Korona bpom vaksinasi vaksin covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 11 Januari 2021 16:49
Jakarta: Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin pemakaian darurat atau emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin covid-19 produksi Sinovac, Tiongkok. Izin bisa terbit salah satunya karena tercapainya efikasi di atas 50 persen.
 
"Hasil analisis terhadap efikasi vaksin coronavac dari uji klinik di Bandung menunjukkan efikasi vaksin sebesar 65,3 persen," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers virtual, Senin, 11 Januari 2021.
 
Baca: Breaking News: BPOM Izinkan Pemakaian Darurat Vaksin Sinovac

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, hasil tersebut sudah sesuai dengan persyaratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni minimal efikasi vaksin 50 persen. Angka itu menunjukkan harapan vaksin mampu untuk menurunkan timbulnya penyakit covid-19 hingga 65,3 persen.
 
Angka ini sedikit berbeda dibandingkan dengan laporan efikasi vaksin serupa di sejumlah negara. Di Turki, efikasi mencapai 91,25 persen, sedangkan di Brasil 78 persen.
 
Penny mengatakan setiap penurunan angka infeksi covid-19 dengan vaksin tersebut akan amat berarti dalam upaya pemerintah keluar dari krisis pandemi covid-19. Namun, pencegahan dengan protokol kesehatan juga tak boleh dikesampingkan.
 
"Upaya-upaya preventif lain seperti penegakan 3M, memakai masker, menjaga jarak, selalu sering mencuci tangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh kita," ucap Penny.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif