Kepala BNN, Heru Winarko, di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Rabu, 7 Maret 2018.--Medcom.id//Faisal Abdalla.
Kepala BNN, Heru Winarko, di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Rabu, 7 Maret 2018.--Medcom.id//Faisal Abdalla.

Pengguna Narkoba di Kalangan Milenial Meningkat

Nasional narkoba darurat narkoba
Ilham Pratama Putra • 26 Juni 2019 11:59
Jakarta: Pengguna narkoba di kalangan anak muda atau milenial semakin meningkat. Bahkan peningkatannya mencapai lebih dari 4 persen.
 
"Dari penelitian kita penyalahgunaan (narkotika) beberapa tahun lalu, milenial atau generasi muda hanya sebesar 20% dan sekarang meningkat 24% hingga 28%," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko dalam acara Hari Anti Narkoba Internasional (HANI 2019)di The Opus Grand Ballroom, Jakarta Selatan, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Heru mengatakan BNN terus berupaya menghentikan penggunaan narkoba di kalangan milenial. BNN juga membutuhkan peran semua pihak untuk menangkal penyalahgunaan narkoba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga dari BNN mengajak semua lapisan masyarakat, bagaimana para milenial ini bisa sama-sama kita jaga, supaya tidak mengunakan narkoba. Itu harapan dari kami BNN," sambung Heru.
 
Heru menjelaskan menghentikan penyalahgunaan narkoba harus dimulai dari remaja. Karena remaja merupakan rantai awal peredaran narkoba saat ini.
 
"Karena kalau milenial yang sudah mengunakan, rentan pengunaan akan panjang. Sehingga market mereka terjaga dan mereka enggak pusing lagi," ungkapnya.
 
Berdasarkan data World Drugs Reports 2018 yang diterbitkan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), sebanyak 275 juta atau 5,6% dari penduduk dunia yang berusia 15-64 tahun pernah mengonsumsi narkoba. Sementara itu, BNN selaku focal point di bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia sudah mengantongi angka penyalahgunaan narkoba pada 2017, yakni sebanyak 3.376.115 orang pada usia 10-59 tahun.
 
Sedangkan angka penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar di tahun 2018 dari 13 provinsi di Indonesia mencapai angka 2,29 juta orang. Salah satu kelompok masyarakat yang rawan terpapar penyalahgunaan narkoba adalah usia 15-35 tahun atau generasi milenial.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif