Kepala Rutan Pondok Bambu Kelas II A Eko Suprapti. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Kepala Rutan Pondok Bambu Kelas II A Eko Suprapti. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Petugas Rutan Pondok Bambu Dangdutan Saat Disidak

Nasional rutan
Ilham Pratama Putra • 07 Juni 2019 15:06
Jakarta: Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu Kelas II A, Jakarta Timur, tengah berjoget diiringi lagu dangdut saat disidak Ombudsman. Ombudsman sengaja datang secara mendadak untuk memantau berbagai layanan publik di masa libur Lebaran.
 
"Petugas sudah bertugas selama Lebaran. Itu (berjoget) bentuk kepenatan dari pegawai. Jadi biar enggak tegang setiap hari," kata Kepala Rutan Pondok Bambu Kelas II A, Eko Suprapti, di lokasi, Jumat, 7 Juni 2019.
 
Meski terlihat santai, pihaknya mengaku tetap menjalankan pengawasan ketat. Semua standar operasional prosedur (SOP) dalam rutan berjalan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang jelas di rutan tidak ada handphone yang masuk dalam kamar. Kalau pun ada yang memberi, kemarin kita sudah cek dan sudah ditindaklanjuti," ujar dia.
 
Sementara itu, bagi Ombudsman, kondisi rutan Rutan Pondok Bambu sudah tergolong baik. Secara umum, tidak ada masalah pada tempat tahanan menjalankan proses hukumnya ini.
 
"Pada umumnya dan seperti dugaan kita memang situasi yang bersih, asri, dan semoga hal itu bisa membantu para warga binaaan, tahanan, dalam rangka menjalani massa penahanannya," kata anggota Ombudsman Adrianus Meliala.
 
Baca: Ombudsman Ditolak Sidak Rutan KPK
 
Diketahui, sidak Ombudsman ini untuk memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan publik secara optimal. Hari ini Ombudsman akan meninjau 8 titik. Titik itu meliputi Rutan Kelas 1 Jakarta Timur, Cabang Rutan KPK di Jakarta Selatan, Puskesmas Setiabudi, Polsek Cempak Putih, Rutan Pondok Bambu, Polsek Pulo Gadung, Pertamina Pelumpang, Rumah Sakit Koja, dan Damkar Jakarta Utara.
 
Setelah pemantauan dan penilaian, Ombudsman akan berikan saran dan rekomendasi. "Saran dan rekomendasi nanti akan kami berikan dari indeks penilaian yang kami siapkan. Nanti tanggal 12 Juni baru kami berikan surat itu setalah pemantauan yang kami kumpulkan," kata Adrianus.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif