Kepala BPIP Yudian Wahyudi (Foto:Dok.BPIP)
Kepala BPIP Yudian Wahyudi (Foto:Dok.BPIP)

Kepala BPIP Imbau Santri Cinta Tanah Air dan Kuasai Iptek

Rosa Anggreati • 30 November 2021 16:32
Jakarta: Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Drs Yudian Wahyudi meminta santri untuk selalu mencintai Tanah Air, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).
 
Kekayaan alam dan kekhasan geografis menjadikan Indonesia subur dengan beragam produk pertanian unggul yang tidak dimiliki bangsa-bangsa lain. Kenikmatan Tuhan tersebut harus disyukuri dengan memupuk rasa cinta Tanah Air yang mendalam.
 
"Sejarah dunia menunjukkan bahwa hanya bangsa yang menguasai teknologi yang bisa mengendalikan perubahan dunia," ujar Kepala BPIP Prof Drs Yudian Wahyudi saat mengisi acara penguatan Ideologi Pancasila kepada ratusan santri, tokoh agama, tokoh masyarakat, ASN, siswa, guru dan tenaga kependidikan di Gedung Aula Serba Guna MAN Insan Cendekia, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Senin, 29 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya mencintai bangsa dan negara, para santri juga harus menguasai iptek. Sebab, iptek menjadi modal kita untuk bersaing secara global.
 
Penguasaan teknologi mensyaratkan penguasaan sains. Oleh karena itu kurikulum pendidikan Islam diharapkan memadukan pendidikan keagamaan dengan sains modern.
 
"Para santri dan siswa-siswi sudah memiliki modal besar untuk maju, dengan berbagai fasilitas dan tenaga pendidik yang profesional. Modal ini perlu dikuatkan dengan doa agar semakin sukses pada masa depan," kata Yudian.
 
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Paser, Drs H Maslehan menambahkan kehadiran Kepala BPIP memberi semangat cinta Tanah Air, sekaligus cinta keilmuan.
 
"Figur kepala BPIP yang santri tetapi juga bisa menembus sekolah top dunia Harvard Law School memberi inspirasi tersendiri untuk siswa dan wali siswa", ucapnya.
 
Ia juga mengaku pemanduan kurikulum Pembinaan Ideologi Pancasila, Kegamaan dan sains akan selalu diperkuat di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Paser.
 
Plt Kepala Madrasah MAN Insan Cendekia Paser, Ismail M.Pd.I., menunjukkan bahwa hal tersebut mulai menampakkan hasil dengan bukti prestasi-prestasi siswa yang meraih juara di berbagai ajang olimpiade sains di tingkat nasional.
 
Dalam akhir kunjungan kerjanya tersebut kepala BPIP menyumbangkan sejumlah buku kepada sekolah dengan harapan dapat mendorong literasi, menginspirasi dan memotivasi para santri/siswa/siswi.
 
(ROS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif