Presiden Joko Widodo/ Biro Pers Istana Kepresidenan
Presiden Joko Widodo/ Biro Pers Istana Kepresidenan

Jokowi: Jangan Menolak Vaksin, Disiplin Terapkan Prokes

Nasional Jokowi Virus Korona Joko Widodo pandemi covid-19 zona covid-19 Vaksinasi covid-19 Varian Baru Covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 23 Juni 2021 17:29
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tak menolak ajakan vaksinasi. Publik mesti segera disuntik vaksin untuk menekan laju penularan covid-19.
 
"Jika sudah ada kesempatan mendapat vaksin, segera ambil, jangan ada yang menolak. Karena agama apa pun tidak ada yang menolak, ini demi keselamatan kita," tegas Jokowi melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 23 Juni 2021.
 
Vaksin, kata Jokowi, upaya terbaik yang tersedia saat ini. Indonesia harus mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) untuk mengatasi pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemerintah Didesak Memasifkan 3T pada Anak
 
Kepala Negara mengingatkan agar publik semakin disiplin protokol kesehatan (prokes). Masyarakat diminta tetap di rumah agar virus tidak meluas.
 
"Saya minta satu hal yang sederhana ini, tinggal di rumah jika tidak ada kebutuhan mendesak," ujar Jokowi.
 
Jokowi menuturkan wabah covid-19 masalah nyata. Penyakit tersebut tidak mengenal ras maupun diskriminasi.
 
"Setiap orang tidak peduli apa asal-usulnya, status ekonominya, agamanya, maupun suku bangsanya, semuanya dapat terkena. Ini penyakit yang tidak melihat siapa kita," ucap dia. 
 
Kontribusi warga dalam upaya penanganan covid-19 diyakini mempercepat Indonesia keluar dari kondisi pandemi. Jokowi mengajak peran masyarakat mengikuti anjuran pemerintah.
 
"Tanpa kesatuan itu kita tidak akan mampu menghentikan penyebaran covid-19," kata pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah ini.
 
Vaksin untuk Indonesia
 
Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif