Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Antisipasi Covid-19, Pembagian Masker Selama Mudik Digencarkan

Nasional pandemi covid-19 masker kesehatan Satgas Covid-19 Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Theofilus Ifan Sucipto • 21 April 2022 01:31
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah menyusun strategi mencegah penularan covid-19 selama musim mudik Lebaran 2022. Upaya itu diharapkan meminimalisasi potensi lonjakan kasus covid-19.
 
"Kami melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19 di kalangan masyarakat dengan kembali melaksanakan pembagian masker di fasilitas publik," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Suharyanto dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu, 20 April 2022.
 
Menurut Suharyanto, ikhtiar itu penting dalam rangka memperkuat protokol kesehatan (prokes). Pembagian masker dilakukan hingga masa mudik berlangsung dengan menempatkan anggota satgas di sejumlah titik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Serta mengawasi prokes di pos-pos pelayanan mudik, rest area dan tempat-tempat wisata," papar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.
 
Baca: Epidemiolog Yakin Mudik 2022 Aman dari Lonjakan Covid-19
 
Upaya lainnya, yakni menyediakan pos layanan vaksinasi di jalur mudik. Fasilitas tersebut guna memudahkan masyarakat melengkapi vaksin booster.
 
"Pemudik yang belum divaksin tidak akan diputarbalik ke rumah tapi disiapkan pos vaksinasi sebelum melanjutkan perjalanan," jelas Suharyanto.
 
Sementara itu, masyarakat diajak bekerja sama memastikan kasus covid-19 terkendali. Caranya dengan mengisi electronic health card alert (e-HAC) di PeduliLindungi sebelum berangkat mudik.
 
Suharyanto menyebut pemerintah bakal mengecek status vaksinasi pemudik secara acak. Hanya pemudik dengan kategori hijau yang dipersilakan lewat.
 
"Jika kategori merah, harus memiliki hasil negatif tes PCR (polymerase chain reaction) atau antigen," ujar dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif