WNI keturunan Prancis, Enzo Zens Allie, taruna akademi militer. (Tangkapan layar Credit Video Puspen TNI)
WNI keturunan Prancis, Enzo Zens Allie, taruna akademi militer. (Tangkapan layar Credit Video Puspen TNI)

KSAD Diminta Tunda Pendidikan Enzo di Akmil

Nasional akademi militer
Achmad Zulfikar Fazli • 15 Agustus 2019 11:58
Jakarta: Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa diminta menunda pendidikan Enzo Zenz Allie sebagai prajurit taruna akademi militer (akmil). Sebagai calon prajurit, Enzo harus betul-betul dipastikan tidak terpapar ideologi terlarang atau anti-Pancasila.
 
"Saya berharap Pak KSAD untuk mem-pending dulu terkait keputusannya soal Enzo ini dan minta kembali masukan dari berbagai pihak yang punya kompetensi soal masalah ini. Karena ini masalah serius untuk kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara," kata anggota Komisi I DPR, Syaiful Bahri Anshori, dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Menurut dia, KSAD selama ini terkesan tidak mau menerima masukan dari masyarakat. Sehingga, Enzo tetap dipertahankan meski disinyalir sebagai simpatisan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menilai keputusan itu tidak selaras dengan semangat pemerintah dalam mempertahankan ideologi negara dari kelompok ekstrimisme dan radikalisme. Padahal kelompok tersebut selama ini berusaha merusak persatuan dan kesatuan NKRI.
 
"Bisa berlawanan dengan semangat yang digelorakan oleh pemerintah dan keamanan tentang pemberantasan radikalisme, ekstrimisme dan terorisme, lalu untuk apa ada densus ada BNPT?" kata dia.
 
Baca: Buat Mereka yang Sayang Enzo
 
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan kasus Enzo ini tidak sembarangan karena menyangkut ideologi dan keutuhan negara. Sehingga, masalah ini harus diselesaikan hingga tuntas.
 
Sebelumnya, Andika memastikan Enzo tetap menjadi calon prajurit taruna akmil. Enzo telah menjalani tes khusus indeks moderasi bernegara pekan lalu.
 
"Kami memutuskan mempertahankan Enzo dan semua taruna lainnya," kata Andika dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Tes indeks moderasi bernegara itu dilakukan pada 10-11 Agustus 2019. Tes diikuti seluruh taruna Akmil, termasuk Enzo Zens Allie. Hasil tes pun dianalisis kemarin.
 
"Kesimpulannya Enzo Zenz Allie dilihat dari indeks moderasi bernegara, itu ternyata kalau dikonversi menjadi persentase itu memiliki nilai 84 persen atau nilainya 5,9 dari maksimum 7. Jadi indeks moderasi bernegaranya cukup bagus," terang dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif