Ilustrasi: Mudik. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi: Mudik. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Publik Tak Lagi Sensitif terhadap Harga Tiket

Nasional kereta api tiket kereta api
M Sholahadhin Azhar • 02 Januari 2018 09:16
Jawa Barat: Harga tiket yang mahal tak membuat daya beli masyarakat menciut. Hal ini terlihat di Stasiun Cirebon Daerah Operasional 3, Jawa Barat.
 
"(Penumpang) melonjak 48 persen untuk kelas eksekutif. Ini membuktikan bahwa masyarakat tak sensitif terhadap harga, tetapi sensitif terhadap pelayanan," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo di lokasi, Senin, 1 Januari 2018.
 
Total kenaikan pada periode natal dan tahun baru di stasiun itu adalah 34 persen. Selain kelas eksekutif dengan kenaikan tertinggi, kelas bisnis juga meningkat sebesar 45 persen dan terakhir kelas ekonomi sebesar 23 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Total ada 8.030 penumpang KA (kereta api) dari Cirebon menuju ke Jakarta. Kelas eksekutif 2.861, bisnis 1.044 dan ekonomi 4.125 penumpang," imbuh Sugihardjo.
 
Sekjen menyebut lonjakan harga juga tak berpengaruh pada kereta jurusan Purwokerto dari Stasiun Senen, Jakarta. Harga yang naik empat kali lipat tak membuat minat masyarakat surut.
 
Baca: Pemudik Keluhkan Sistem Pembelian Tiket Kereta Api
 
"Mereka saya tanya lebih memilih sekarang, bayar tiket Rp 48 ribu dari yang semula Rp 12 ribu. Asalkan itu tadi, pelayanan juga semakin baik, ada pendingin ruangan, tidak ada pedagang, dan lebih tertib," kata Sugihardjo.
 
Hal ini pula yang mengakibatkan banyak penumpang moda angkutan lain, beralih memakai kereta api. Fasilitas yang prima dan ketepatan waktu menjadi kunci. Tak sedikit penumpang pesawat yang menggunakan kereta karena stasiun mayoritas berada di pusat kota.
 
"Kita minim keluhan, armada juga tepat waktu. Sudah banyak perbaikan yang dilakukan PT KAI (Kereta Api Indonesia) untuk mengoptimalisasi pelayanan," pungkas Sugihardjo.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif