Massa Reuni 212 Mulai Bubarkan Diri

Suci Sedya Utami, Muhammad Al Hasan 02 Desember 2018 11:47 WIB
aksi 212
Massa Reuni 212 Mulai Bubarkan Diri
Relawan Reuni 212 meninggalkan Monas lewat Jalan MH Thamrin. Foto: Medcom.id/Muhammad Al Hasan
Jakarta: Massa reuni akbar 212 bergerak meninggalkan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Mereka berduyun-duyun menyebar meninggalkan lokasi itu.

"Ini biasanya yang (datang) dari Subuh, sama yang rombongan," kata seorang relawan Reuni 212 Helmi saat ditemui di Jalan Museum, Minggu, 2 Desember 2018.

Cuaca yang semakin panas dan kondisi yang padat membuat mereka tidak mengikuti rangkaian acara hingga usai. Pantauan Medcom.id, sejak pukul 09.00 WIB tadi, massa satu per satu mulai kembali dari Monas menuju ke Jalan Sudirman.


Salah satu peserta reuni, Adhi Mulyono mengatakan dirinya memilih balik arah karena cuaca yang tambah panas. "Mulai makin panas, tapi masih ada yang di Monas," kata Adhi.

Selain Adhi, Roni Wijaya pun memilih kembali dan tidak sampai Monas dikarenakan tidak bisa menembus kerumunan massa yang lain. Selain massa, mobil-mobil di pinggir jalan yang parkir turut menghalangi masyarakat untuk bergerak.

"Sudah ramai banget, tidak bisa lewat," tutur dia.

Dari pantauan, massa yang keluar dari pintu gerbang Monas dekat patung kuda Arjuna Wiwaha merangsek keluar menuju ke Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Budi Kemuliaan II untuk selanjutnya berkumpul di Jalan Tanah Abang Timur. Adapun sebagian lainnya melanjutkan ke Jalan Abdul Muis.

Baca: Massa Reuni 212 Diklaim Mencapai 3 Juta Orang

Selain itu, rombongan massa lainnya keluar dari Jalan Museum yang berlokasi dekat Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah. Mereka semua berduyun-duyun dari Jalan Medan Merdeka Barat menuju Jalan Abdul Muis.

Selain itu untuk di Jalan MH Thamrin sebagian massa pun turut berbondong-bondong meninggal Monas. Mereka semua berjalan kaki menuju timur ke arah bunderan HI.

Untuk diketahui mayoritas massa berjalan kaki. Lokasi-lokasi yang dituju massa itu mayoritas merupakan tempat mereka memarkirkan kendaraan dari mulai bus, mobil pribadi hingga sepeda motor.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id