Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Masyarakat Pesisir Pantai Jawa Diminta Bijak Sikapi Potensi Tsunami

Nasional tsunami bencana alam
Kautsar Widya Prabowo • 20 September 2020 22:59
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat pesisir pantai Jawa bijak menyikapi informasi potensi tsunami setinggi 20 meter. Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaaan. 
 
"Masyarakat di seluruh pesisir, tidak hanya di Jawa. Daerah yang rawan tsunami harus meningkatkan kewaspadaan," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono kepada Medcom.id, Minggu 20 September 2020. 
 
Rahmat menekankan bahwa belum ada sistem yang dapat memprediksi waktu terjadinya gempa dan tsunami. Sistem saat ini hanya bisa mendeteksi potensi tsunami yang menyertai gempa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya memastikan ancaman bencana itu direspons secara cepat dengan meningkatkan sistem peringatan dini. Rahmat menyinggung informasi ancaman tsunami setinggi 20 meter yang dilontarkan Guru Besar bidang Seismologi Institut Teknologi Bandung (ITB) Sri Widyantoro. 
 
Baca: Sistem Peringatan Dini Tsunami Diperkuat
 
"Kita siap siaga bahwa gempa dan tsunami bisa terjadi setiap saat, bahwa tsunami bisa terjadi dimana saja, tidak hanya terjadi di selatan Jawa, bisa saja Sumatra," kata dia. 
 
Lebih lanjut, pihaknya akan mengedepankan edukasi dan sosialisasi ihwal kebencanaan. Hal tersebut diintensifkan, terutama bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai. 
 
Sebelumnya riset Sri Widyantoro menyedot perhatian. Guru Besar bidang Sesimologi ITB itu memprediksi tsunami setinggi 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif