Cover Harian Umum Media Indonesia masuk nominasi pemenang Asian Media Awards 2020. Foto: Dok/Media Indonesia
Cover Harian Umum Media Indonesia masuk nominasi pemenang Asian Media Awards 2020. Foto: Dok/Media Indonesia

Media Indonesia Masuk Nominasi Asian Media Awards 2020

Nasional media indonesia
Thomas Harming Suwarta, Marcheilla Ariesta • 12 Februari 2020 22:02
Jakarta: Harian Umum Media Indonesia masuk nominasi pemenang sebagai Best Newspaper Front Page Design oleh Asian Media Award 2020 WAN-IFRA. Kover depan Media Indonesia yang menjadi nominasi pemenang pada ajang ini ialah Edisi 20 Oktober 2019 tentang Pelantikan Joko Widodo - Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024.
 
Halaman depan Media Indonesia itu menampilkan wajah Jokowi satu halaman penuh dengan berbagai kata-kata yang merupakan program kerjanya di periode kedua. Sementara itu, pesaing Media Indonesia adalah HT Media Ltd, dan Harian Republika.
 
Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong mengapresiasi capaian ini dan berharap Media Indonesia bukan hanya masuk nominasi tetapi juga keluar sebagai pemenang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Media Indonesia tentu saja bangga atas capaian ini dan apresiasi saya atas tim arstisik Media Indonesia yang menghasilkan desain kover yang menarik seperti ini," ujar Usman saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, 12 Februari 2020.
 
Kata Usman, kover pelantikan Presiden - Wakil Presiden Jokowi-Amin itu memang sudah sejak awal mencuri perhatian publik.
 
Media Indonesia Masuk Nominasi Asian Media Awards 2020
Anggota DPR RI sedang membaca Harian Umum Media IndonesiaEdisi 20 Oktober 2019 tentang Pelantikan Joko Widodo - Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024. Foto: Dok/Media Indonesia
 
"Saya tahu betul desain kover itu ramai dapat apresiasi di media sosial ketika kita terbit. Makanya kita beranikan untuk ajang di tingkat Asia dan benar setidaknya masuk nominasi. Harapannya tentu saja dengan capaian ini tim artistik kita bisa lebih terpacu lagi untuk menghasilkan karya terbaik," kata Usman.
 
Asian Media Awards (AMA) ke-19 WAN-IFRA bertujuan mempromosikan standar penerbitan tertinggi di bidang desain surat kabar dan majalah, infografis, konten editorial, pemasaran, layanan masyarakat, dan jurnalisme foto.
 
Ratusan surat kabar dan majalah di Asia Pasifik, Asia Selatan dan Timur Tengah ikut serta dalam kompetisi yang sudah berjalan selama 17 tahun. Hal ini membuat AMA sebagai pengakuan tertinggi bagi industri penerbitan berita di kawasan.
 
Media Indonesia Masuk Nominasi Asian Media Awards 2020Cover Harian Umum Media Indonesia masuk nominasi pemenang Asian Media Awards 2020. Foto: Dok/Media Indonesia
 
Selain Best Newspaper Front Page Design, beberapa kategori lainnya adalah Best Editorial Content, Best Infographics, Best Photojournalism, Best Newspaper Marketing, dan Best Community Service.
 
Sebelumnya, Harian Media Indonesia juga telah menyabet penghargaan sebagai salah satu surat kabar harian nasional yang meraih penghargaan Indonesia Print Media Awards (IPMA) kategori Surat Kabar Nasional Terbaik 2020.
 
Penghargaan diberikan dalam ajang Awarding Night ke-11 Serikat Perusahan Pers (SPS) yang diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat, 7 Februari 2020.
 
Penghargaan diterima langsung Pemimpin Redaksi Media Indonesia Usman Kansong. Selain Media Indonesia, pemenang penghargaan IPMA 2020 antara lain Koran Sindo, Kompas, dan Bisnis Indonesia.
 
Dewan Pertimbangan SPS Ahmad Jauhar mengatakan saat ini media print terkena disrupsi di mana masyarakat beralih dari media konvensional ke online dan media sosial. "Namun kita tidak boleh menjadi pesimistis. Justru media mainstream bisa menjadi penantang terhadap berita hoaks," tuturnya.
 
Media Indonesia Masuk Nominasi Asian Media Awards 2020
Anggota DPR RI sedang membaca Harian Umum Media IndonesiaEdisi 20 Oktober 2019 tentang Pelantikan Joko Widodo - Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024. Foto: Dok/Media Indonesia
 

Mesin pencari berita misalnya bisa benar tapi banyak juga salahnya. Media cetak yang dikelola dengan baik dapat menjadi referensi berita yang benar dan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.
 
Penghargaan SPS ke-11 tahun 2020 bertema Kreasi yang Menginspirasi Negeri ini juga ditandai dengan pelantikan pengurus SPS cabang Sumatra Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.
 
Dalam Awarding Night SPS ke-11 ini diberikan sejumlah penghargaan untuk beberapa kategori meliputi penghargaan Indonesia Media Research Awards (IMRAS), Penghargaan Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA), penghargaan Indonesia Young Readers Awards (IYRA), penghargaan Indonesia In-house Magazine Awards (InMA) dan penghargaan Indonesia Print Media Awards (IPMA).
 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif