BCA menyalurkan donasi dari gerakan #BukuUntukIndonesia ke sejumlah sekolah di Manado (Foto:Kompas.com)
BCA menyalurkan donasi dari gerakan #BukuUntukIndonesia ke sejumlah sekolah di Manado (Foto:Kompas.com)

Bukti Bakti, BCA Bagikan Buku untuk Anak Indonesia

Nasional bukuuntukindonesia
M Studio • 27 Juli 2017 11:35
medcom.id, Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen menumbuhkan minat baca anak-anak di berbagai pelosok Indonesia. Komitmen tersebut dibuktikan melalui Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia.
 
Setelah menggelar Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia di Lampung dan Makassar pada 21 dan 23 Juli 2017, BCA kembali menebar 'virus' membaca di Manado, Sulawesi Utara, pada Selasa, 25 Juli 2017.
 
Gerakan tersebut diinisiasi BCA sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-60 BCA yang dimulai pada Maret 2017, dengan mengundang masyarakat untuk berpartisipasi melalui paket donasi yang dikonversikan menjadi paket buku bacaan. Paket tersebut akan disalurkan kepada anak-anak yang membutuhkan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Kantor Cabang Utama BCA Manado, Felicia Lily mengungkapkan, gerakan tersebut merupakan perwujudan tiga pilar BCA yaitu Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik. Di Manado, BCA menyerahkan donasi buku kepada John Locke Manginsoa selaku Kepala Sekolah SD Negeri 47 dan Yuke Y Alangkas selaku Kepala Sekolah SD Negeri 48 Manado sebagai pihak penerima.
 
"Gerakan ini diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia," ujar Felicia, dalam sambutannya di Bank KCU Manado.
 
Selain Manado, gerakan serupa juga dilakukan secara serentak di Garut, Jawa Barat, serta Kupang (Nusa Tenggara Timur). Gerakan ini sekaligus untuk memeringati Hari Anak Nasional pada Minggu, 23 Juli 2017. BCA akan memperluas gerakan ini ke wilayah Banda Aceh dan Singkawang, Kalimantan Barat.
 
"Semoga menjadi pengingat kita semua akan pentingnya akses buku yang luas bagi tunas-tunas bangsa sebagai aset berharga dalam menggapai harapan dan cita-cita,” tambah Felicia.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SDN 47 Manado, John Locke Manginsoa mengucapkan syukur atas bantuan BCA. Sebab, gerakan #BukuUntukIndonesia menjawab salah satu persoalan yang dialami oleh sekolahnya, yakni kurangnya buku-buku bacaan yang layak bagi para siswa.
 
"Program ini menjadi bukti masih banyak masyarakat yang peduli dengan pendidikan. Saya harap BCA tetap berpartisipasi dalam pendidikan, sebab betapa pentingnya pendidikan suatu bangsa itu," ungkapnya.
 
Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 48 Manado Yuke Y Alangkas mengungkapkan, tidak menyangka pihaknya mendapat bantuan buku bacaan dari BCA. Yuke menilai, program ini memperkuat usaha sekolah dalam menanamkan cinta buku bagi para siswa.
 
"Ini kado terindah untuk SDN 48. Saya sampaikan kepada rekan-rekan guru di sini, ini menjadi bagian penting bersejarah bagi sekolah kita. Terus terang, saya heran dan kaget BCA ada program berbagi buku. Kalau bisa BCA ke depannya memperbanyak bantuan buku," ujar Yuke.
 

Solusi Kekurangan Buku Bacaan
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado Deysie Lumowa menuturkan, kondisi distribusi buku bacaan untuk anak-anak di Kota Manado terbilang minim dibandingkan buku pelajaran.
 
"Kalau untuk buku-buku bacaan seperti buku cerita, masih kurang. Pemerintah selama ini lebih banyak memberikan buku pelajaran agar para siswa tidak perlu repot-repot beli buku paket untuk sekolah," ungkapnya.
 
Deysie menganggap langkah BCA merupakan jawaban yang tepat dalam mengisi celah akses buku bacaan yang masih minim. Ia juga meminta agar pihak sekolah memanfaatkan buku-buku tersebut untuk mencerdaskan para murid.
 
Menjawab animo masyarakat yang tinggi, gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia akan berlanjut hingga penghujung 2017.
 
Anda pun masih bisa berpartisipasi dalam gerakan #BukuUntukIndonesia. Caranya, kunjungi tautan www.BukuUntukIndonesia.com. Klik tombol "berbagi" di website Buku Untuk Indonesia. Kemudian, Anda akan diarahkan ke laman Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan. Dengan berbagi minimal Rp100 ribu, Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif