Pelantikan pengurus Kwartir Nasional Pramuka/Medcom.id/Fikar
Pelantikan pengurus Kwartir Nasional Pramuka/Medcom.id/Fikar

Buwas Resmi Menjabat Ketua Kwarnas Pramuka

Nasional pramuka
Achmad Zulfikar Fazli • 27 Desember 2018 10:21
Jakarta: Komjen (Purn) Budi Waseso (Buwas)dilantik menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. Presiden Joko Widodo memimpin langsung pelantikan di halaman Istana Negara, Jakarta Pusat.
 
Kepala Negara juga melantik pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka lain. Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Keppres Nomor 67/N, 26 Desember 2018 tentang Pengukuhan Susunan Pengurus Kwartir Nasional Masa Bakti 2018-2023.
 
"Saya lantik saudara-saudara sebagai ketua dan anggota pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan bimbingan-Nya pada kita semua. Amin," ujar Jokowi, Kamis, 27 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Buwas Diminta Fokus Menangani Pramuka
 
Jokowi berharap pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka memahami dan membaca Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Ketentuan tersebut merupakan landasan hukum Pramuka.
 
"Demikian pula saya harap saudara-saudara membaca dan memahami isi AD/ART gerakan Pramuka," ucap dia.
 
Para pengurus kemudian diminta mengucapkan janji Pramuka Tri Satya. Janji berisi komitmen menjalankan kewajibanterhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila.
 
Baca: Panitia Bantah ada Intervensi saat Pemilihan Ketua Pramuka
 
Janji itu juga menggambarkan komitmen menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. Terkahir, menepati Dasa Dharma.
 
Buwas kemudian mengucap ikrar sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka baru menggantikan Adhyaksa Dault. Buwas menegaskan kepengurusannya akan dengan sukarela dan tanggung jawab melaksanakan isi UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
 
"Menyetujui AD/ART Gerakan Pramuka dan bersungguh-sungguh melaksanakan tugas kami sebagai anggota, dan pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mengantarkan kaum muda Indonesia ke masa depan yang lebih baik," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif