Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. (Foto: MI/Sumaryanto Bronto)
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. (Foto: MI/Sumaryanto Bronto)

Menteri Hanif Minta Buruh Tetap Optimistis

Nasional hari buruh berita kemenaker
Antara • 01 Mei 2019 12:23
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menyampaikan pesan kepada para buruh tetap optimistis bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional. Melalui rekaman video sebagaimana dilansir Antara, ia juga meminta para buruh kreatif dan inovatif mengingat dunia kerja semakin dinamis dan kompetitif.
 
"Buat pekerja Indonesia di dalam maupun luar negeri, mari kita jadikan 2019 sebagai momentum perubahan pasar kerja yang semakin dinamis dan fleksibel, dunia yang semakin kompetitif," Rabu, 1 Mei 2019.
 
Hanif juga berpesan kepada para buruh untuk meningkatkan kecintaan pada bangsa dan negara. "Tetap semangat dan jangan pernah lelah mencintai Indonesia," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu puluhan ribu buruh utamanya dari wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Depok diperkirakan menghadiri puncak peringatan Hari Buruh Internasional yang terkonsentrasi di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Pada aksi kali ini, para buruh meminta pencabutan PP 78 Tahun 2019 tentang Pengupahan.
 
Baca juga:Buruh Desak Revisi PP 78 tentang Pengupahan
 
Selain itu,Buruh juga mendesak penghapusan sistem kerja outsourcing atau karyawan kontrak dan pembenahan pemberian jaminan kesehatan dan asuransi kerja.
 
PantauanMedcom.idsejumlah buruh yang hadir berasal dari organisasi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek Indonesia), dan beberapa organisasi lainnya.
 
Mereka memakai atribut bertuliskan Mayday dan membawa bendera organisasi masing-masing serta bendera merah putih. Ada pula beberapa buruh yang membawa papan nama bertuliskan tuntutannya.
 
Selain itu, ratusan ribu buruh juga melakukan aksi May Day di berbagai daerah industri di Indonesia. Seperti Bandung, Semarang, Jepara, Jogjakarta, Gresik, Surabaya, Bogor, Tangerang, Cianjur, Sukabumi, Bekasi, Aceh, Medan, Makassar, Palu, Banjarmasin, Samarinda Maluku, Lombok, dan Papua.Ada pun tema yang akan diangkat dalam May Day tahun ini adalah Kesejahteraan Buruh dan Demokrasi Jujur Damai.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif