Ketua DPN PPDI Widih Harotono - Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Ketua DPN PPDI Widih Harotono - Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

PPDI Minta Dana Perangkat Desa Ditambah

Nasional dana desa
Muhammad Syahrul Ramadhan • 07 Januari 2019 20:51
Jakarta: Dewan Perwakilan Nasional Perkumpulan Perangkat Desa Indonesia (DPN PPDI) mendatangi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tujuannya, meminta penambahan dana untuk perangkat desa.

"Hari ini kami bersama ketua provinsi dapat dapat diterima oleh pak sekjen dan pak dirjen dalam rangka amanah dari anggota kami di daerah, baik permohonan perubahan nasib kepala desa dan perangkat desa di seluruh Indonesia," kata Ketua DPN PPDI Widih Harotono di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.

Widih mengatakan dalam pertemuan tersebut, pihaknya dan Kemendagri sepakat dengan perubahan Peraturan Pemerintah (PP) 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kemendagri telah membuat surat ke Kemenkumham untuk merubah PP 43 terkait apa yang sekarang ini kita perjuangkan bersama," ujarnya. (Baca: Presiden Minta Dana Desa Digunakan Sesuai Keperluan)

Tak hanya itu, dalam pertemuan itu juga dibahas perihal penghasilan tetap yang diambil dari APB Desa dan Anggaran Dana Desa, yang tertuang di PP 43 Tahun 2014 pasal 81 dan 82. Di mana, selama ini pengahasilan perangkat desa belum sesuai standar.

"Sementara ini perangkat desa mendapatkan penghasilan belum ada standarisasinya," ujarnya.

Widih berharap dengan pertemuan itu baik kepala desa atau perangkat desa lainnya mendapat kepastian besaran penghasilan dari Kemendagri. Terpenting, besaran nominal penghasilan sesuai standar Eselon II dan disesuaikan masa kerja.

"Sekurang-kurangnya atau minimal setara dengan golongan IIA, dengan catatan golongan IIA ini sesuai dengan masa jabatannya, pengabdiannya," ucap Widih.


(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi