Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Uji Spesimen Covid-19 Turun 74,78% Selama Libur Panjang

Nasional Virus Korona libur panjang Cuti Bersama
Nur Azizah • 03 November 2020 19:59
Jakarta: Uji spesimen covid-19 mencapai 25-28 ribu spesimen selama libur panjang, 28 Oktober hingga 1 November 2020. Juru bicara Satuan Tugas (satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan uji spesimen mengalami penurunan hingga 74,78 persen.
 
"Menurut analisis data terjadi tren penurunan testing setiap akhir minggu atau pun saat libur panjang. Ini merupakan salah satu tantangan yang sedang kita coba selesaikan. Ingat bahwa virus ini ini tidak pernah libur," kata Wiku di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Selasa, 3 November 2020.
 
Wiku berharap kejadian ini bisa diantisipasi dengan menambah laboratorium dan petugas laboratorium. Ia juga menyarankan adanya pembagian kerja dengan insentif yang memadai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satgas terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah meningkatkan kapasitas laboratorium dan fasilitas pendukung lainnya seperti reagen. Namun Wiku menyebut ada beberapa kendala yang dihadapi.
 
"Seperti wilayah testing yang tersebar luas dan banyaknya jumlah masyarakat yang harus dites," ungkapnya.
 
Baca: Antisipasi Ledakan Kasus Covid-19, Penambahan Kamar Hingga Tenda Darurat
 
Di sisi lain, Wiku meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, rajin mencuci tangan, hingga menjaga jarak aman.
 
"Saat ini penanganan covid-19 di Indonesia sudah berada pada jalur yang tepat. Tapi kami jangan terlena, jangan lengah. Patuhi protokol kesehatan, makan makanan yang bergizi, dan rutin olahraga," tuturnya.
 
Per hari ini, total pasien covid-19 mencapai 418.375 orang. Sementara itu, total kasus sembuh mencapai 349.497 dan pasien meninggal sebanyak 14.146 orang.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif