Pengamanan di Bawaslu. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Pengamanan di Bawaslu. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

‘Benteng’ Bawaslu Dipertebal

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Kautsar Widya Prabowo • 22 Mei 2019 12:15
Jakarta: Pasukan Brigade Mobil (Brimob) memperketat pengamanan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Langkah ini diambil karena banyaknya massa aksi yang mendatangi 'wasit' pemilu itu.
 
Kawat berduri dipasang di sekitar Gedung Bawaslu yang terletak di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat. Alat itu terpampang dari sisi Gedung Bawaslu hingga pertokoan pusat perbelanjaan Sarinah.
 
Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga ikut memberikan pengamanan terhadap Gedung Bawaslu. Dishub melapisi kawat berduri dengan beton pembatas yang mengelilingi kawat berduri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sisi Gedung Bawaslu yang dekat dengan Bundaran Hotel Indonesia (HI) belum dipasang kawat berduri. Namun, publik tidak diperbolehkan melewati ruas jalan MH Thamrin tepat di sisi Gedung Bawaslu. Di titik ini, sejumlah kendaraan Barakuda sudah disiagakan.
 
Berdasarkan pengamatan Medcom.id pukul 11.40 WIB, Rabu, 22 Mei 2019, formasi barikade Brimbob berubah. Mereka memfokuskan pengamanan di dalam lingkup depan Gedung Bawaslu.
 
Baca: Polisi: Sebelas Mobil Dibakar Massa di Asrama Brimob
 
Ratusan aparat keamanan saat ini berada di dalam kawat berduri yang membentengi Gedung Bawaslu. Jika semula Jalan Wahid Hasyim yang menuju Tanah Abang dan menuju Kebon Sirih ditutup barikade polisi, sekarang jalan dibuka untuk kendaraan umum.
 
Perempatan Sarinah pun saat ini dapat menjadi panggung massa aksi penolak hasil pemilu. Saat ini, massa aksi salat Zuhur berjemaah di depan Gedung Jaya dan Gedung Menara Cakrawala.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif