Ilustrasi vaksin Covid-19. medcom
Ilustrasi vaksin Covid-19. medcom

Kenali Ciri-ciri Orang yang Belum Boleh Menerima Vaksin

Nasional vaksin covid-19 Sinovac Vaksinasi covid-19
Adri Prima • 13 Januari 2021 20:56
Jakarta: Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah dimulai hari ini, Rabu (13/1/2021). Orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin Sinovac. 
 
Selanjutnya, Pemerintah telah menetapkan kelompok yang akan mendapatkan suntikan vaksin Sinovac gelombang berikutnya.
 
Adapun kelompok yang diprioritaskan untuk menerima vaksin adalah mereka yang beresiko tinggi tertular Covid-19 seperti tenaga kesehatan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vaksin Covid-19 Sinovac diberikan melalui suntikan intramuskular pada bagian lengan kiri atas dengan menggunakan alat suntik sekali pakai. 
 
Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan pemberian vaksin wajib ditunda apabila kondisi tubuh si penerima vaksin tidak dalam keadaan fit. 

1. Mengalami demam

Sebelum menerima vaksin, ada mekanisme yang harus dipenuhi seperti penyerahan data hingga wawancara pemeriksaan kesehatan. Apabila berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam dengan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius, maka dianjurkan untuk penundaan sampai kondisi tubuh benar-benar fit dan sehat. 

2. Punya penyakit paru

Apabila memiliki salah satu penyakit paru seperti asma, PPOK, dan TBC. Pemberian vaksin baru bisa dilakukan sampai kondisi pasien terkontrol baik.
 
Khusus pasien TBC dalam pengobatan, masih bisa diberikan vaksinasi, minimal setelah dua minggu mendapat obat anti-Tuberkulosis.

3. Ibu Hamil

Khusus untuk ibu hamil, disarankan untuk menunggu hingga melahirkan agar bisa mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Para ibu baru juga harus menunggu sampai mereka selesai menyusui sebelum menjalani vaksinasi.
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif