Ayo! Ikuti Kompetisi Desain Arsitektur Berhadiah Ratusan Juta
Tim Sinar Mas Land roadshow ke Kampus UI membicarakan YAC 2017 (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)
medcom.id, Jakarta: Sinar Mas Land bekerja sama dengan IAI Jakarta menyelenggarakan sayembara gagasan desain arsitektur Sinar Mas Land Young Architect Competition (YAC) 2017. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Sinar Mas Land terhadap dunia pendidikan.

Terdapat tiga kategori yang akan disayembarakan, yakni kategori komersial, kategori residential, dan digital working space. Total hadiah untuk ketiga kategori tersebut Rp450 juta.
 
Kategori komersial memberikan kesempatan kepada mahasiswa arsitektur semester akhir (minimal semester 7) maupun lulusan baru sarjana arsitektur berusia maksimal 26 tahun, untuk memberikan masukan dan berpartisipasi dalam merencanakan konsep desain business lofts yang sejalan dengan visi dan misi Sinar Mas Land sebagai leading property developer.
 
Sedangkan kategori residential memberikan kesempatan kepada mahasiswa arsitektur semester akhir maupun lulusan baru (usia maksimum 26 tahun setelah lulus) untuk memberikan masukan dan berpartisipasi dalam merencanakan konsep dan mendesain residential project yang sejalan dengan program dan kebutuhan Sinar Mas Land.
 
Kategori digital working space category memberikan kesempatan kepada lulusan sarjana arsitektur (anggota IAI ber-SKA/non SKA) dengan usia maksimum 30 tahun untuk berpartisipasi dalam merencanakan konsep dan mendesain digital working space.
Penyelenggaraan YAC sesuai tagline Sinar Mas Land ‘building for a better future’. Dari kompetisi ini diharapkan tercipta sumber daya manusia (SDM) di bidang arsitektur yang handal dan bisa bersaing dengan arsitek mancanegara.
 
“Kami punya mimpi, arsitek Tanah Air bersaing dengan arsitek dari luar negeri, bahkan karyanya bisa mendunia,” kata Head of Corporate Communication Sinar Mas Land Panji Himawan, saat ditemui di acara roadshow yang berlangsung di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Rabu 11 Oktober 2017.

Kompetisi ini dirasa sangat mumpuni dan memberikan banyak benefit bagi para pesertanya. Selain hadiah total ratusan juta rupiah, hasil karya mahasiswa atau arsitek yang lolos penjurian akan dilirik konsultan nasional dan internasional. Pemilik karya terbaik juga berkesempatan magang atau bekerja di Sinar Mas Land.
 
“Gagasan mereka nantinya jadi inspirasi kami dalam membangun. Jadi bagi para mahasiswa, kami berharap dapat ikut serta dalam lomba ini. Karena YAC adalah lomba arsitek yang pesertanya ditujukan ke mahasiswa dengan total hadiah terbesar. Sehinga sayang sekali kalau para mahasiswa tidak ikut serta. Tahun-tahun sebelumnya karya yang masuk ada sekitar 300 karya, tahun ini tentu kami berharap lebih dari itu,” ujar Panji.  
 
Ketua Bidang Sayembara Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Rachmad Widodo menyampaikan kompetisi ini juga melatih para mahasiswa berkompetisi secara baik, benar, dan jujur. “Kami berharap para mahasiswa dapat berkompetisi dengan sehat, karena dunia arsitektur dunia yang keras. Karya orisinil harus terus berkembang, muaranya kami berharap semua bisa berkompetisi dengan baik dan benar,” papar Widodo.      
 
Sedangkan Dirut ‎PT Griksa Cipta Asdarianto Asmoeadji yang menjadi juri YAC 2017, mengatakan sasaran kompetisi ini untuk memperoleh karya terbaik. Juri mengarah pada apa yang diharapkan dunia, yakni hijau, banyak taman, namun konsepnya juga harus sesuai dengan ketentuan yang ada. Green building juga harus sustainable, di mana materialnya juga bisa di daur ulang.
 
Keuntungan yang langsung dirasakan para mahasiswa adalah kesiapan untuk menghadapi persaingan. “Dalam dunia profesional untuk dapat desain terbaik memang harus melalui sayembara. Syarat penjurian nantinya akan dinilai berdasarkan konsep, keterbangunan, estetika, kebenaran, penataan ruang, dan anggaran (khusus untuk kategori  residential),” kata Asdarianto.
 

Tim Sinar Mas Land roadshow ke Kampus Universitas Gunadarma Jakarta mensosialisasikan YAC 2017.


Nurin Amalia, mahasiswi angkatan 2013, Fakultas Arsitektur UI, menilai kompetisi ini bisa untuk aktualisasi dari hasil pembelajaran yang ia dapatkan selama kuliah dan melatih kompetensi. Saat ini, Nurin mengambil studi profesi. Mahasiswi program studi profesi mendapat tugas mengikuti sayembara ini.
 
"Tentunya Sinar Mas Land YAC 2017 ini merupakan latihan untuk mengetahui bagaimana design diaplikasikan di dunia kerja, apa yang dibutuhkan oleh pasar, melatih bagaimana teori yang kita pelajari di studio selama kuliah, sehingga bisa diterapkan di dunia nyata,” papar Nurin.
 
Sebelumnya, roadshow Sinar Mas Land YAC 2017 juga dilakukan di Universitas Mercu Buana, Universitas Pancasila, Universitas Binus, dan Universitas Gunadarma. Selanjutnya, Sinar Mas Land YAC 2017 akan menyambangi Universitas Tarumanegara, Universitas Trisakti, ITB, Universitas Parahyangan dan beberapa universitas lain di Kota Bandung.
 
“Bersiaplah para mahasiswa tingkat akhir, fresh graduate, maupun arsitek muda untuk kembali berinovasi dalam membangun Indonesia bersama Sinar Mas Land. Karena kami yakin, hanya kamu para arsitek muda yang mampu mewujudkan potensi diri kamu untuk membangun masa depan bangsa,” kata Panji. 
 
Anda dapat mencari lebih lanjut informasi seputar kompetisi ini dengan mengunjungi website www.smlyac.com.
 
Berikut ini, jadwal Sinar Mas Land YAC 2017:
 
17 September 2017
Pengumuman
 
17 September -12 November 2017
Pendaftaran dan pengunduhan dokumen sayembara
 
07 Oktober 2017
Penjelasan sayembara
 
12 November 2017
Batas pemasukan karya
 
14 November 2017
Pemeriksaan berkas dan persyaratan administrasi
 
18 November - 21 November 2017
Penjurian tahap 1
 
29 November 2017
Presentasi finalis dan penjurian tahap 2
 
30 November 2017
Pengumuman hasil penjurian dan seremonial penyerahan penghargaan sayembara.



(ROS)