ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

95% Bahan Baku Farmasi Indonesia Andalkan Impor

Atalya Puspa • 25 Agustus 2021 10:46
Jakarta: Bahan baku industri farmasi di Indonesia masih bergantung pada luar negeri. Begitu juga dengan alat kesehatan yang ada di berbagai rumah sakit, sekitar 94 persen produk impor.
 
"Kurang lebih sebanyak 95 persen bahan baku produk farmasi Indonesia masih diimpor dari luar negeri. Ketergantungan kita pada impor bahan baku obat dan alat kesehatan masih sangat besar," Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyono dikutip dari Media Indonesia, Jakarta, Rabu, 25 Agustus 2021.
 
Beberapa bahan baku yang masih impor menurut Panut adalah beta lactam sebagai bahan pembuatan obat amoksilin dan phenol untuk pembuatan para amino phenol. Selanjutnya benzene untuk para nitrochlorobenzene dan gelatin untuk pembuatan kapsul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Semua bahan baku ini diimpor dari Tiongkok, India, Italia, Spanyol, Korea dan Malaysia,” ujar dia.
 
Baca: Pemerintah Diminta Konsisten Menjalankan Inpres Percepatan Industri Farmasi dan Alkes
 
UGM membentuk tim gugus tugas kemandirian industri farmasi dan alat kesehatan (KIFA) untuk menjawab tantangan kemandirian industri farmasi dan alat kesehatan. Panut mengungkapkan pembentukan gugus tugas KIFA UGM diharapkan bisa mendorong terciptanya produk farmasi dan alat kesehatan yang bisa dihilirkan ke masyarakat melalui kerja sama dengan pihak industri.
 
“Selama ini bergantung pada impor, namun kemandirian itu harus dilakukan dengan bersinergi lewat berbagai instansi dan industri,” ucapnya.
 
Staf Khusus Menteri Kesehatan Laksono Trisnantoro mengatakan pihaknya akan mendorong lebih banyak penggunaan produk dalam negeri dalam bidang farmasi dan alat kesehatan. Oleh karena itu, Kemenkes berencana mengajukan usulan ke DPR.
 
"Kita akan menguatkan regulasinya ke arah pembentukan UU sehingga bisa lebih kuat lagi seperti di India,” ujar Laksono.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif