Ilustrasi keluarga. Medcom.id
Ilustrasi keluarga. Medcom.id

Waspadai Tantangan Berkegiatan di Rumah Saja pada Anak

Nasional Virus Korona
Siti Yona Hukmana • 03 April 2020 05:51
Jakarta: Peresiden Joko Widodo menyerukan masyarakat untuk belajar, bekerja, dan ibadah #DiRumahAja demi mencegah penyebaran virus korona (covid-19). Masyarakat diminta mewaspadai sejumlah tantangan.
 
"Ada tantangan bagi anak-anak yang mengikuti pelajaran melalui daring, tantangan bagi orang tua dengan adanya pembatasan mata pencaharian, dan tantangan mengasuh anak," kata child protection specialist UNICEF Indonesia Astrid Gonzaga Dionisio dalam konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 2 April 2020.
 
Astrid menuturkan berbagai tantangan itu bisa memberikan dampak buruk. Pertama, tantangan pada anak-anak yang tidak bisa memenuhi fasilitas daring dalam belajar. Ini mengakibatkan anak tidak dapat mengikuti pelajaran dibandingkan teman-temannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akhirnya nilai menjadi tidak baik dan mendapatkan perundungan karena tidak terekspos," ujar Astrid.
 
(Baca: Gerakan #DirumahAja Pererat Hubungan Keluarga)
 
Tantangan kedua bagi keluarga yang mencari mata pencaharian harus ke luar rumah. Dia menyebut dengan penerapan #DiRumahAja otomatis keuangan menjadi terkendala.
 
"Dampaknya adalah kelangsungan hidup. Bapak ibunya harus keluar rumah mencari sesuap nasi untuk kelangsungan hidupnya," ungkap Astrid.
 
Ini membuat pengawasan pada anak-anak kendor. Anak-anak yang sejatinya harus diawasi, seperti proses belajar melalui daring menjadi tidak terpantau.
 
Sejumlah tantangan itu, kata Astrid, adalah masalah bersama. Masyarakat Indonesia diminta saling menyemangati, terutama pada keluarga yang rentan seperti kepala keluarga tunggal dan masyarakat kurang mampu.
 
"Kepada keluarga yang mempunyai persoalan di segi finansial mereka butuh dukungan dan alhamdulillah Perppu sudah keluar bagaimana mempercepat bantuan langsung bagi keluarga tersebut supaya keluarga ini bisa mendampingi stay at home anak-anak, sekaligus mencegah hal-hal yang menjadi pencegahan covid-19," tutur dia.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif